Pemda DIY Tegaskan Gedung Eks Bioskop Indra Merupakan Warisan Budaya dan Bukan Cagar Budaya

Gatot menegaskan bahwa pembangunan eks Bioskop Indra secara peraturan masih diperkenankan

Pemda DIY Tegaskan Gedung Eks Bioskop Indra Merupakan Warisan Budaya dan Bukan Cagar Budaya
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Gedung eks Bioskop Indra di Jalan Malioboro Yogyakarta sebelum dibongkar pada Selasa (27/3/2018) lalu 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Terkait rencana untuk merevitalisasi gedung eks Bioskop Indra, Pemda DIY menegaskan bahwa bangunan tersebut merupakan warisan budaya dan bukanlah cagar budaya.

Hal tersebut dikemukakan oleh Sekertaris Daerah (Sekda) DIY, Gatot Saptadi, Kamis (29/3/2018), saat ditemui di Gedung DPRD DIY.

Menurutnya, karena status Gedung eks Bioskop Indra tersebut bukanlah cagar budaya, maka apabila dilakukan perubahan bentuk maupun dipugar masih diperkenankan.

"Gedung tersebut merupakan warisan budaya, artinya nanti memang akan diberi penandaan, bahwa disitu pernah ada Bioskop Indra," kata Gatot.

Gatot menegaskan bahwa pembangunan eks Bioskop Indra secara peraturan masih diperkenankan mengingat statusnya yang merupakan warisan budaya.

"Kalau cagar budaya nggak boleh (diubah bentuk), tapi kalau warisan budaya ada banyak cara lah untuk dibangun," imbuhnya.

Ditambahkan Gatot, bahwa nantinya penandaan tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara, untuk menunjukan bahwa bangunan tersebut merupakan warisan budaya.

"Bentuk penandaan macam-macam, bisa mempertahankan fasad, bisa ada komponen bangunan yang dipertahankan, yang penting orang tahu bahwa dulu disana pernah ada Bioskop Indra," pungkas Sekda DIY. (*)

Penulis: Rizki Halim
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved