Tanggapi Aksi 'Kartu Kuning' untuk Jokowi, Presiden BEM KM UGM Panen Pujian Warganet

Tagar #MataNajwaKartuKuningJokowi trending di urutan pertama Twitter pada Kamis (2/2/2018).

Tanggapi Aksi 'Kartu Kuning' untuk Jokowi, Presiden BEM KM UGM Panen Pujian Warganet
ist
Presiden Mahasiswa UGM, Obed Kresna Widyapratistha 

TRIBUNJOGJA.COM - Diakui atau tidak, Zaadit Taqwa termasuk pintar memanfaatkan peluang untuk mengkritik Presiden Joko Widodo tepat di depan mukanya.

Keruan saja, baru masuk ruangan Balairung Universitas Indonesia, sebelum duduk di tempat duduknya, Presiden Jokowi mendapat sentilan dari pluit dan kartu kuning Zaadit saat menghadiri Dies Natalis ke-68 UI, Jumat (2/2/2018).

Siapa orang tak geger, kartu kuning dan pluit Zaadit yang notabene sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa UI itu untuk Presiden Jokowi, sementara di kiri kanan dan belakangnya berdiri rektor dan para dosen UI.

Kartu kuning dan pluit di ruang itu merangkum kritik yang dialamatkan kepada Presiden Jokowi, meski Zaadit baru menjelaskan maksudnya usai diamankan satu personel Pasukan Pengamanan Presiden.

Orang boleh saja sepakat dengan gaya Zaadit mengkritik, tapi tak sedikit yang menyesalkan tindakannya tersebut, karena sebagai tuan rumah, ia harus menghormati tamunya.

"Ini kritikan yang sudah halus dan elegan terhadap pemerintah," begitu nilai Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (2/2/2018) malam.

Selain itu, Pangi mengapresiasi tak ada kerusuhan yang timbul dari aksi ini karena Zaadit yang beraksi solo tetap diperlakukan baik oleh personel Paspampres.

"Salut dan kita apresiasi Presiden Jokowi, terkesan Presiden Jokowi tidak lah otoriter seperti banyak tuduhan orang selama ini terhadap Beliau. Presiden sangat demokratis," dia menambahkan.

Dalam diskusi pada Rabu (8/2/2018) malam, Program Mata Najwa mengangkat teman, Kartu Kuning Jokowi.

Di antaranya perwakilan mahasiswa yang Najwa hadirkan, Obed menyedot perhatian dan menjadi perhatian warganet karena pandangannya yang tajam soal bagaimana seharusnya mahasiswa.

Halaman
123
Editor: ton
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved