Komunitas Sketsa Pulang Kerja, Salurkan Hobi di Luar Jam Kerja

Sketsa Pulang Kerja (SPK) Jogja telah berdiri sejak November 2016, melengkapi ruang yang trebentuk di Depok, Bekasi, Bandung dan Surabaya.

Komunitas Sketsa Pulang Kerja, Salurkan Hobi di Luar Jam Kerja
TRIBUNJOGJA.COM / Septiandri Mandariana
Sketsa Pulang Kerja 

TRIBUNJOGJA.COM – Pekerjaan tidak hanya menjadi satu-satunya hal yang menjadi kebutuhan seseorang dalam hidupnya.

Keluarga, ibadah, bersenang-senang dengan melakukan hobi yang disukai merupakan beberapa di antara banyak hal yang bisa mengantarkan manusia untuk mendapatkan kebahagiaannya.

Satu contohnya adalah yang dilakukan oleh orang-orang yang terlibat dalam sebuah ruang hobi yang menamakan dirinya sebagai Sketsa Pulang Kerja (SPK) Jogja, yang telah berdiri sejak November 2016 lalu.

Ruang tersebut tidak hanya berdiri di Yogyakarta saja, namun juga terbentuk di kota lainnya seperti Depok, Bekasi, Bandung dan Surabaya.

Achmad Lukman, Koordinator SPK Jogja menuturkan, bahwa melakukan hobi di luar jam pekerjaan adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh seseorang.

Ia bertanya-tanya bagaimana seseorang yang hanya fokus melakukan pekerjaan mampu bertahan untuk menghilangkan penatnya.

“Sebelum ada di Yogya, ruang ini sudah ada dulu di kota lainnya. Tapi saya kurang tahu di mana kota pertama berdirinya SPK. Yang jelas kegiatan kami itu memang dilakukan setelah jam pulang kerja. Di sini kami berproses bersama, menumpahkan ide kami ke dalam karya gambar. Dan di sini pun kami sering berbagi pengetahuan tentang dunia gambar,” ujarnya kepada Tribunjogja.com.

Lanjut pria yang akrab disapa Lukman tersebut, SPK Jogja rutin berkumpul bersama pada hari Rabu dalam setiap pekannya.

Walau tidak memberikan kewajiban kepada semua anggota untuk datang setiap pekan, ruang tersebut selalu didatangi oleh para anggotanya yang terus bertambah dari hari ke hari.

“Awalnya cuma sedikit. Tapi makin ke sini kami selalu didatangi oleh teman-teman yang baru, dan kami pun tidak mengikat mereka. Yang mau datang dan menggambar bersama kami persilahkan untuk datang langsung ke tempat yang kami tentukan,” kata ia lagi. (*)

Penulis: abm
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved