Breaking News:

Hindari Kerusakan Akibat Hujan, Candi Pawon Mendapat Perbaikan

Upaya tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran dari atap candi, terutama memasuki musim penghujan seperti saat ini.

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Pekerja sedang melakukan perbaikan di Candi Pawon, Minggu (15/10/2017). 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Sebagian besar bangunan Candi Pawon, yang berlokasi di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, mendapat sentuhan pemeliharaan dan perbaikan dari Balai Konservasi Borobudur (BKB).

Kepala Seksi Konservasi BKB, Iskandar M Siregar, mengatakan bahwa perbaikan yang tengah dilakukan oleh pihaknya tersebut, merupakan bagian dari kegiatan pemeliharaan secara rutin.

Lanjutnya, saat ini perbaikan meliputi bagian atap candi.

"Perbaikan terutama dalam hal penambalan celah bebatuan. Sudah mulai sejak bulan Agustus lalu, dengan jumlah pekerja, enam orang," katanya, Minggu (15/10/2017).

Baca: VIDEO: Keindahan Candi Pawon

Iskandar menjelaskan, perbaikan yang dilakukan berupa mortar nat atau isian antar batu di bagian atap.

Upaya tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya kebocoran dari atap candi, terutama memasuki musim penghujan seperti saat ini.

"Air yang masuk ke dalam celah bebatuan candi, berpotensi menyebabkan tumbuhnya lumut, ganggang dan jamur. Hal-hal semacam itu, yang memicu, atau menimbulkan kerusakan batuan candi," jelasnya.

Meski masih dalam proses perbaikan, imbuh Iskandar, bangunan cagar budaya yang terletak di sisi sebelah timur Candi Borobudur tersebut, tetap buka seperti biasa.

Dalam artian, para pengunjung tetap dipersilakan masuk, selama pemeliharaan berlangsung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved