Jejak Situs Kuno Liangan

'Little Pompei' Ini Ada di Lereng Gunung Sindoro

Sebuah komplek hunian kuno era Mataram Hindu, tertimbun material vulkanik selama berabad-abad.

'Little Pompei' Ini Ada di Lereng Gunung Sindoro
TRIBUNJOGJA.COM | Setya Krisna Sumargo
Misteri keberadaan tangga atau undak-undakan dari teras empat ke teras tiga di situs kuno Liangan belum terpecahkan. Proyek ekskavasi Balai Arkeologi Yogyakarta pada pertengahan September 2017 belum menemukan jejaknya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Penemuan Situs Liangan di Ngadirejo, Temanggung ternyata menyingkap drama masa lalu yang dahsyat.

Sebuah komplek hunian kuno era Mataram Hindu, tertimbun material vulkanik selama berabad-abad.

Tidak seorangpun mengetahui apa yang terjadi di Liangan. Tidak ada jejak tulisan, prasasti, kisah turun temurun yang mampu menceritakan seperti apa kehidupan pada masa itu, dan mengapa kemudian Liangan dikosongkan untuk selama-lamanya.

Ekskavasi bertahan yang dilakukan Balai Arkeologi Yogyakarta dan BPCB Jawa Tengah, sedikit banyak akhirnya menyibak misteri Pompeii Kecil (Little Pompeii) di lereng utara Gunung Sindoro ini.

Pompeii adalah sebuah kota kecil ramai di dekat Naples (Napoli). Sekarang masuk wilayah Campania, Italia. Kota ini mendadak terkubur abu vulkanik dan tersapu awan panas dari letusan dahsyat gunung Vesuvius pada 76 Masehi.

Kota di pesisir Teluk Napoli ini hilang selama 1.600 tahun, sebelum ditemukan tak sengaja. Penggalian arkeologi menghasilkan temuan menakjubkan.

Sebagian kota ini utuh di bawah timbunan abu dan pasir, termasuk tubuh-tubuh manusia yang mengeras tersapu abu panas.

BACA : Menguak Jejak Situs Kuno Liangan, Misteri Tangga Penghubung Teras 4 ke Teras 3 Belum Terpecahkan

Meski tidak sama persis dengan Pompeii, Liangan juga sama-sama terkubur material vulkanik bermeter-meter. Jika asumsi terkuburnya Liangan terjadi pada abad 10, dengan penggalian yang dimulai 2009, berarti hunian itu telah terpendam lebih kurang 1.000 tahun.

Halaman
123
Penulis: Setya Krisna Sumargo
Editor: Muhammad Fatoni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved