Ternyata, Taman Sari Yogyakarta Didesain oleh Bangsa Asing Lho

Tempat yang dulunya dijadikan pemandian putri-putri Sultan tersebut didesain oleh bangsa Portugal.

Ternyata, Taman Sari Yogyakarta Didesain oleh Bangsa Asing Lho
Tribun Jogja/Hamim Thohari
Taman Sari 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Taman Sari Yogyakarta, atau yang oleh wisatawan mancanegara dikenal sebagai Water Castle ternyata bukan didesain oleh orang Indonesia.

Tempat yang dulunya dijadikan pemandian putri-putri Sultan tersebut didesain oleh bangsa Portugal.

Hal tersbeut diutarakan Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sekaligus Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X seusai menjamu Dubes Portugal untuk Indonesia Rui Fernando Sucena do Carmo, di Kompleks Kepatihan, Kamis (6/7/2017).

berhubung perancang Taman Sari berasaal dari Portugal, maka sekitar 10 tahun yang lalu, salah satu foundation dari Portugal yang melakukan renovasi di tempat favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Yogyakarta tersebut.

"Itu dulu pertama kali merenovasinya itu kan yang di tempat umbul untuk berenang. Lalu tahap kedua di sebelah timur selama lima tahun," urainya.

Sultan menambahkan, upaya renovasi yang dilakukan bukan untuk memperbarui tampilan Taman Sari. namun justru untuk mengembalikan wujud Taman Sari seperti pertama kali dibuat.

"Bedanya kalau di tempat lain yang ada peninggalan Portugis itu, gamping karo batu bata tanpa semen itu nggak ada masalah. Tapi kalau di Taman Sari itu nganggo masir burung gereja atau gelatik karena mau bertelur itu jadi beda," bebernya.

Awal mula renovasi tersebut pun, imbuhnya, adalah karena foundation tersebut melakukan perjalanan keliling Indonesia, untuk menemukan bangunan-bangunan peninggalan Portugal.

Mengingat Portugal cukup lama menjajah Indonesia dan beberapa bangunan masih bisa ditemui, misalkan di Malaka dan NTT.

"Tapi yang dipilih Taman Sari," sambung orang nomor satu di DIY tersebut.(*)

Penulis: kur
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved