Buah Bibir

Vera Enjoy Jualan Online

Selama lima tahun berjualan offline dengan menempati sebuah booth, Vera akhirnya memberanikan diri menjalani bisnisnya secara online.

Vera Enjoy Jualan Online
tribunjogja/dwi nourma handito
Indah Novera 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Gaya Lufityanti

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sukses merintis bisnis Dapur Risoles Jogja selama enam tahun, kini Indah Novera mengaku lebih enjoy untuk berjualan risoles secara online. Selain lebih efisien, berjualan secara online juga mendekatkannya dengan pembeli.

Pada awal merintis bisnis kuliner, Vera, sapaan akrabnya, menjual risolesnya di Foodcourt Swalayan Progo. Selama lima tahun berjualan offline dengan menempati sebuah booth, Vera akhirnya memberanikan diri menjalani bisnisnya secara online.

”Online ini sangat efektif, karena tak perlu lagi sewa booth maupun memperkerjakan karyawan untuk standby di booth,” ujar wanita kelahiran Cilacap, 3 November 1980 ini.

Naiknya harga sewa booth ditambah gaji karyawan dan harga bahan baku yang semakin mahal memaksanya untuk memangkas biaya produksi dengan cara berjualan online. Vera tidak mau menurunkan kualitas produknya dengan menggunakan bahan baku yang murah.

Karena selama ini Vera ingin konsisten dengan produk risoles mayo premium lengkap dengan smoke beef dan keju di dalamnya.
Mengubah pola berjualan yang semula offline menjadi online, menurutnya tidak terlalu sulit.

Karena selama ini pelanggan banyak dan ia mengantongi data-data pelanggannya. Sehingga Vera hanya tinggal memberitahukan ke pelanggannya bahwa bisnisnya sekarang ini bisa diakses melalui online.

Namun berjualan secara online juga menuntutnya untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan. Terlebih Vera sendiri yang berperan sebagai admin bisnisnya.

Hal ini dirasakannya sangat berbeda sewaktu berjualan offline, dimana karyawan lah yang menghadapi pembeli secara langsung.
Seringkali pembeli menanyakan komposisi produk yang dijualnya.

Tidak jarang pula ada pembeli yang mengkritik produknya dan membandingkan dengan brand lain.

Halaman
12
Penulis: gya
Editor: oda
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved