Breaking News:

LBH Yogyakarta Daftarkan Pra Peradilan Obby

Penetapan tersangka yng dilakukan pihak Polda DIY kurang alat bukti yang sah. Selain itu ia mengatakan ada ketidak jelasan saksi serta bukti visum.

Penulis: akb | Editor: oda
tribunjogja/jihad akbar
Emanuel Kuasa Hukum Obby bersama LBH Yogyakarta melakukan pendaftaran di PN Sleman. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - LBH Yogyakarta melakukan pendaftaran pra peradilan penetapan tersangka Obby Kogoya oleh Polda DIY. Pendaftaran itu dilakukan di Pengadilan Negeri (PN) Sleman, Senin (8/8/2016).

Sebelumnya, Obby disangkakan melakukan penganiayaan terhadap salah satu anggota kepolisian, Jumat (15/7/2016) di Umbulharjo Yogyakarta.

Menurut Emanuel Gobay, kuasa hukum Obby, penetapan tersangka yng dilakukan pihak Polda DIY kurang alat bukti yang sah. Selain itu ia mengatakan ada ketidak jelasan saksi serta bukti visum.

"Saksi itu melihat langsung nggak, kalau dia mendengar saja kan tidak bisa," ujar Emanuel.

Kemudian terkait bukti visum, pihaknya menilai ada kesimpangsiuran rumah sakit yang mengeluarkan visum. Bukti visum juga tidak pernah diperlihatkan oleh pihak kepolisian.

Pengajuan pra peradilan di PN Sleman ini juga dilakukan, lanjut Emanuel, karena pihaknya melihat ada upaya kriminalisasi terhadap Obby. Kemudian ia juga menduga ada unsur penganiayaan yang diterima Obby.

"Kami memutuskan untuk mengajukan pra peradilan ini karena menyangkut hak asasi Obby," ujar Emanuel.

Sementara itu, Ayun Kristiyanto, Humas PN Sleman menuturkan akan melakukan pemeriksaan setelah menerima pendaftaran pra peradilan tersebut.

"Untuk mengajukan (praperadilan) harus berkas harus lengkap dulu, kelengkapan formalitas itu nanti diperiksa," ujar Ayun.

Setelah dinyatakan lengkap, pihak PN Sleman akan menetapkan hakim tunggal yang akan memimpin jalannya sidang pra peradilan itu. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved