Eksekusi Mati Tahap III

Seperti Inilah Gambaran Ruang Isolasi Bagi Terpidana Mati di Nusakambangan

Daya tampung ruang isolasi diperkirakan mencapai 1500 orang dan menggunakan super maximum security.

Seperti Inilah Gambaran Ruang Isolasi Bagi Terpidana Mati di Nusakambangan
tribunjogja/hamim thohari
Hujan deras mengguyur wilayah dermaga Wijaya Pura, Cilacap, Kamis (28/7/2016) malam 

TRIBUNJOGJA.COM - Ruang isolasi acapkali disebut-sebut selama proses eksekusi terpidana mati, terutama saat eksekusi jilid 3.

Apa dan bagaimana ruang isolasi yang berada di Pulau Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah, tersebut?

Wartawan Tribunnews.com mencoba menggali informasi dari sejumlah sumber tentang ruangan yang dipakai ‘transit’ oleh terpidana mati sebelum dihadapan regu tembak tersebut.

Menurut sumber tersebut, ruang isolasi yang bentuknya bangunan baru dua lantai itu baru kali pertama difungsikan saat jelang eksekusi terpidana mati tahap III.

Jadi, 14 terpidana mati tersebut merupakan ‘penghuni’ pertama ruang isolasi.

Daya tampung ruang isolasi diperkirakan mencapai 1500 orang dan menggunakan super maximum security.

Lalu, adakah ruangan bagi pembesuk? Ruang isolasi menyediakan ruangan khusus pembesuk, yang tentu saja berbeda dibandingkan dengan lapas-lapas pada umumnya.

Ruangan pembesuk di ruang isolasi ini bentuknya mirip hall dan terbuka. Tidak ada pembatas tembok, namun dikelilingi jeruji besi.

“Ruang bagi pembesuk bentuknya mirip seperti kerangkeng,” ungkapnya.

Aturan yang diterapkan di ruang isolasi konon sangat ketat.

“Baru-baru ini ada sipir memasang foto di DP (display picture, RED) BBM (blackberry messenger) saat dia menjaga ruangan isolasi. Sipir itu pun langsung dapat sanksi dan kini terancam dipecat. Ada pula pejabat yang selfie di ruang isolasi, pejabat itu pun kini sedang diperiksa dan kemungkinan besar akan mendapatkan sanksi,” terangnya.

Sementara itu, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada pertengahan Juni 2016 lalu merilis pernyataan bila menambah satu lembaga pemasyarakatan baru berkategori "maximum security" di Nusakambangan Cilacap, Jawa Tengah.

"Akan dibuat satu lagi Lapas 'maximum security' untuk penghuni berisiko tinggi," kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham Wayan Kusmiantha Dusak di Semarang, saat itu. (tribunnews/ A Prianggoro)

Editor: ton
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved