Breaking News:

Orientasi Industrial untuk Berbagai Riset

Hasil riset diharapkan berorientasi pada kebutuhan industri dan siap diterapkan.

Penulis: Singgih Wahyu Nugraha | Editor: Muhammad Fatoni

Laporan Reporter Tribun Jogja, Singgih Wahyu Nugraha

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) mendorong kalangan peneliti untuk membuat riset bidang farmasi yang lebih siap komersil.

Dalam artian, hasil riset diharapkan berorientasi pada kebutuhan industri dan siap diterapkan.

Direktur Jenderal Riset dan Pengembangan, Kemenristek Dikti, Muhammad Dimyati mengatakan, saat ini banyak hasil riset yang belum bisa diaplikasikan langsung untuk keperluan industri.

Hal ini bisa disebabkan banyak hal seperti kurang terbukanya akses industri maupun ketidaktahuan peneliti terhadap kebutuhan industri.

"Terkadang riset hanya untuk kebutuhan peneliti saja, belum berorientasi pada industri. Pemerintah akan mendorong bidang riset ini untuk menghasilkan sesuatu yang lebih siap pakai," kata Dimyati forum diskusi Ristek-Kalbe Science Awards (RKSA) bertema 'Optimalisasi dan Komersialisasi Hasil Penelitian untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa' di University Club UGM, Selasa (29/3/2016).

Pemerntah disebutnya berupaya mendorong dengan berbagai cara. Di antaranya dengan menggelar berbagai agenda kompetisi riset, komunikasi dengan Kamar Dagang dan Industri, dan lainnya. Selain itu, lanjutnya, cara paling mudah adalah dengan meminta short list kebutuhan industri.

"Kalau sudah tahu itu, peneliti akan merujuk pada kebutuhan itu dan pemanfaatan risetnya," kata dia.

Peneliti Indonesia menurutnya akan dipermudah dalam mendapatkan dana penelitian dan pertanggungjawabannya. Dengan begitu, para peneliti semakin bergairah untuk berinovasi dan melakukan temuan-temuan yang dibutuhkan masyarakat luas.

Tahun ini, Kemenristekdikti memberikan solusi, yakni penelitian yang dilakukan adalah berbasis output. Jadi, para peneliti tidak perlu ribet soal status accountable risetnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved