Pilkada Sleman

KPU Kebut Pengadaan Logistik

Menjelang pelaksanaan Pilkada Sleman, Komisi Pemilih Umum ( KPU) Sleman mengebut pengadaan logistik

Penulis: ang | Editor: Ikrob Didik Irawan
net
Ilustrasi 

Laporan reporter Tribun Jogja, Angga Purnama

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menjelang pelaksanaan Pilkada Sleman, Komisi Pemilih Umum ( KPU) Sleman mengebut pengadaan logistik.

Pasalnya kurang dari sebulan pesta demokrasi itu akan digelar.

Adapun logistik yang dipersiapkan adalah kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS), seperti surat suara.

Komisioner KPU Sleman Divisi Logistik, Keuangan, Rumah Tangga dan Umum Aswino Wardana mengatakan jumlah surat suara yang disiapkan sebanyak total ada 800.191 lembar surat suara yang dicetak oleh pihak ketiga.

"Jumlah tersebut termasuk syrat suara cadangan 2,5 persen dari jumlah pemilih di satu TPS. Selain itu, kami juga mencetak 2.000 surat suara cadangan untuk mengantisipasi adanya pengulangan pemungutan suara," ungkapnya, Kamis (12/11/2015).

Menurutnya pencetakan surat suara diperkirakan membutuhkan waktu sekitar seminggu. Selanjutnya KPU akan melakukan pengecekan sebelum didistribusikan ke tiap TPS.

"Pengecekan tersebut akan dilakulan pensortiran surat suara yang rusak dan menghitung kebutuhan surat suara di masing-masing TPS. Kami akan melibatkan PPK dan PPS dalam pengecekannya," kata dia.

Berbeda dengan pelaksanaan Pileg dan Pilpres, dalam pilkada kali ini KPU tidak melibatkan tenaga pelipat. Melainkan pelipatannya dibebankan kepada pihak percetakan.

Langkah tersebut, Kata Aswino, dilakukan untuk mempercepat proses pengadaan surat suara hingga distribusinya. Dengan demikian surat suara dapat didistribusikan secara cepat.

"Kalu menggunakan tenaga pelipat, kami harus menunggu surat suara selesai dicetak, kemudian baru dilipat satu per satu. Belum lagi pengecekan yang dilakukan," katanya.

Ketika sortir surat suara berlangsung, KPU akan langsung mempersiapkan logistik lainnya. Termasuk kotak suara dan bilik pemungutan suara yang akan didistribusikan ke TPS.

"Paslon sudah melakukan verifikasi terhadap desain surat suara," ujarnya. (tribunjogja.com)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved