Techno

Riset CupoNation : Biaya Produksi iPhone Hanya 33,07% dari Harga Jual Resmi

Banyak yang menyebutkan jika biaya bahan dan produksi iPhone tidaklah seberapa dibandingkan dengan harga merek yang membuat harga jualnya tinggi.

Riset CupoNation : Biaya Produksi iPhone Hanya 33,07% dari Harga Jual Resmi
mashable.com
iPhone XS dan iPhone XS Max 

TRIBUNJOGJA.COM - Berbicara soal iPhone seolah tidak pernah ada habisnya.

Harga yang mahal melekat pada seluruh produk Apple dimana seringkali konsumen tercengang dengan harga yang dipatok oleh sang produsen gadget ini.

Banyak yang menyebutkan jika biaya bahan dan produksi iPhone tidaklah seberapa dibandingkan dengan harga merek yang membuat harga jual gadget ini menjadi tinggi.

Baca: 8 Langkah Mudah Quick and Fresh Make Up Look dari Emina Cosmetics

Apakah hal ini benar?

Untuk mengkonfirmasi hal tersebut, situs e-commerce berhemat CupoNation, mengumpulkan data dari biaya produksi iPhone dari masa ke masa dan membandingkannya dengan harga resmi iPhone pada saat peluncuran.

Berdasarkan data dari situs technology.ihs.com, iPhone memiliki persentase biaya produksi rata-rata yakni, 33,07% dari harga resmi unit iPhone saat peluncuran.

Data ini merupakan kumpulan dari 18 model iphone yang dirilis dari tahun 2008 hingga 2018.

Baca: Apple Bocorkan Foto-foto iPhone Lipat Masa Depan

“Meskipun memiliki biaya produksi yang terbilang rendah, namun inovasi membuatnya begitu berharga hingga tetap diminati walau dengan harga di atas rata-rata smartphone di pasaran,” ujar Olivia Putri selaku PR & Communications Manager – SEA CupoNation Indonesia melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Satu di antara model yang baru diluncurkan oleh Apple adalah iPhone XS Max, dimana iPhone model ini kembali dibanderol dengan harga yang cukup fantastis yaitu dimulai dari $1099 atau setara dengan Rp 15,378,032.

"Jika melihat dari biaya bahan dan produksi, untuk memproduksi satu unit iPhone XS Max maka setidaknya Apple harus merogoh $390 atau setara dengan Rp 5.459.610," imbuhnya.

Baca: iPhone XS dan iPhone XS Max Bakal Tambah Warna China Red?

Apabila nominal tersebut disanding dengan harga resmi saat peluncuran, maka biaya produksi sebuah iPhone XS Max akan mengambil sekitar 35% dari harga jualnya.

Ia menambahkan, studi ini dikaji berdasarkan harga iPhone dengan model paling standard.

Selain itu seluruh harga iPhone dalam studi ini mematok dari harga resmi iPhone yang diluncurkan di Amerika Serikat tanpa kontrak operator seluler.

Mata uang dikonversikan melalui google finance pada 25 Februari 2019.  (*)

Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved