Travel

Menikmati Wisata Sejarah dan Kuliner Jadul di Kotagede

Kotegede menyimpan banyak sekali potensi wisata budaya dan kuliner yang bisa dinikmati para wisatawan.

Menikmati Wisata Sejarah dan Kuliner Jadul di Kotagede
Tribun Jogja/ Yudha Kristiawan
Masjid Gede Mataram Kotagede 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM - Kotegede menyimpan banyak sekali potensi wisata budaya dan kuliner yang bisa dinikmati para wisatawan.

Bila suka jalan jalan blusukan dengan jalan kaki, daerah yang juga terkenal dengan sentra industri kerajinan perak ini adalah tempat yang pas. 

Ada banyak hal yang bisa dinikmati di sini, salah satunya tentu wisata budaya dan religi. Satu di antaranya adalah Masjid Gede Mataram Kotagede.

Masjid yang kini juga menjadi salah satu destinasi wisata religi ini memiliki sejarah sangat penting bagi perkembangan Islam di Yogyakarta.

Warisman, salah satu Takmir Masjid Gede Mataram Kotagede berbagi cerita soal sejarah masjid ini.

Pada tahun 1587 M masjid ini didirikan oleh Panembahan Senopati Sutowijaya. Sebelum masjid ini dibangun, sang ayah, Ki Ageng Pemanahan berikhtiar ingin menyiarkan agama Islam di wilayah Jawa bagian selatan yang pada masa itu belum mengenal Islam.

Baca: AirAsia Travel Fair Surabaya Bertabur Berbagai Penawaran Menarik

"Dahulunya wilayah Kotagede berupa hutan yang bernama alas Mentaok. Hadi Wijoyo selaku Raja di Kerajaan Pajang memberikannya kepada Ki Ageng Pemanahan karena berhasil mengalahkan Adipati Aryo Penangsang," terang Warisman.

Berbekal tekad ingin syiar, lanjut Warisman, berangkatlah Ki Ageng Pemanahan ke Alas Mentok. Sesampainya di alas Menyajikan, lalu ia mendirikan sebuan langgar. Perjuangan menyiarkan Islam tersebut kemudian diteruskan oleh putranya Panembahan Senopati Sutowijya.

Melihat arsitektur bangunan Masjid terutama di bagian gerbang, maka akan mendapati motif bangunan yang lazim ditemui di sebuah pura milik umat Hindu.

Halaman
1234
Penulis: yud
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved