ADVERTORIAL

Melalui Germas, Dinkes DIY Ajak Masyarakat Gemar Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan sayur ini bisa beragam jenisnya, asalkan masih segar dan dijaga kebersihannya.

Melalui Germas, Dinkes DIY Ajak Masyarakat Gemar Mengkonsumsi Buah dan Sayur
istimewa
Kegiatan sosialisasi Germas di Desa Tuksono, Sentolo, Kulon Progo oleh Dinas Kesehatan DIY. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Demi mewujudkan kualitas hidup masyarakat secara luas, Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY terus menggalakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di seluruh wilayah Yogyakarta.

Belum lama ini, Dinkes DIY melakukan sosialisasi kepada warga Tuksono, Sentolo, Kulon Progo.

Kegiatan sosialisasi dilakukan di balai desa setempat dengan dihadiri sejumlah pembicara.

Tak hanya dari petugas Dinkes DIY, dihadirkan pula perangkas desa setempat dan anggota DPRD DIY.

Tentu saja, juga hadir warga setempat mulai dari ibu rumah tangga, pemuda sampai bapak-bapak.

Materi yang disampaikan masih seputar ajakan untuk selalu menjaga kesehatan tubuh melalui beberapa aktivitas dan kegiatan hidup sehat, seperti misalnya melakukan aktifitas fisik, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, memeriksa kesehatan secara rutin dan membersihkan lingkungan.

Yulia Irene HW selaku Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Penyehatan Lingkungan Dinkes DIY mengatakan, berkaitan dengan gerakan Germas dan kondisi cuaca saat ini, perilaku rutin menjaga kebersihan lingkungan menjadi salah satu kunci agar keluarga dan lingkungan terhindar dari berbagai penyakit.

"Saat musim hujan seperti ini terkadang ada genangan di wadah-wadah tak terpakai, yang sering menjadi tempat hidup jentik nyamuk. Yang dilakukan adalah 3M yaitu menutup, menguras dan mengubur tempat-tempat yang bisa menampung air dan berpotensi jadi tempat hidup jentik nyamuk," kata Yulia.

Baca: Dinkes DIY Gelar Sosialisasi Germas di Panjangrejo, Ajak Warga Tanam Sayur dan Buah di Pekarangan

Selain mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, himbauan untuk banyak mengkonsumsi buah dan sayur tiap hari juga digalakkan oleh petugas dari Dinkes DIY.

Buah dan sayur ini bisa beragam jenisnya, asalkan masih segar dan dijaga kebersihannya.

Paradigma buah yang menyehatkan adalah selalu berharga mahal dan hanya bisa didapatkan di pasar modern pun harus dirubah.

Karena pada dasarnya, segala jenis buah sebenarnya mengandung banyak vitamin yang bermanfaat bagi tubuh selama dikonsumsi dengan cara yang benar.

"Buah yang murah sekalipun, seperti pepaya atau pisang yang banyak dijual di pasar juga kaya vitamin dan bermanfaat bagi tubuh. Pepaya misalnya, termasuk buah dengan sumber serat yang baik, folat, vitamin A, karotenoid, lutein yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan," kata Yulia. (*)

Penulis: sus
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved