Popda DIY 2019

Sepak Bola Putra Sleman dan Bantul Torehkan Kemenagan Perdana

Tim sepak bola Sleman dan Bantul sama-sama menorehkan kemenangan perdana di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah DIY 2019 di Stadion Mandala Krida

Sepak Bola Putra Sleman dan Bantul Torehkan Kemenagan Perdana
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Pemukulan gong oleh Sekda DIY, Gatot Saptadi, sebagai tanda dibukanya Popda DIY 2019, di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Jumat (15/3/2019). 

TRIBUNJOGJA.COM - Tim sepak bola Sleman dan Bantul sama-sama menorehkan kemenangan perdana di ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) DIY 2019 di Stadion Mandala Krida, Jumat (15/3/2019).

Pada laga perdana, Sleman unggul tipis 1-0 dari Kota Yogya, sedangkan Bantul berpesta gol ke gawang Gunungkidul, 4-0.

Atas hasil ini, Bantul sementara memuncaki klasemen disusul Sleman yang memiliki jumlah poin sama terpaut selisih gol.

Sedangkan Kota Yogya dan Gunungkidul menempati posisi ketiga dan keempat disusul satu Kulonprogo yang belum bertanding.

Baca: 27 Cabor Dipertandingkan di Popda DIY 2019

Di laga tersebut, Bantul berpesta gol ke gawang Gunungkidul masing-masing melalui gol Zidan Ardiansyah (18, 46'), Arif Kurniawan (19,35).

Pertandingan sengit tersaji di laga kedua kala Sleman jumpa Kota Yogya. Ialah gol dari kapten Widi Aryanto yang menjadi gol semata wayang bagi kemenangan Sleman.

Adapun pada Popda tahun ini, dipertandingkan sebanyak 27 cabang olahraga (cabor) mulai 14-19 Maret. Ratusan pelajar pun akan saling berjibaku, memperebutkan 231 medali emas, 231 perak, serta 347 perunggu.

Deretan cabor tersebut, antara lain anggar, atletik, angkat besi, bola basket, balap sepeda, bridge, bola voli, voli pasir, bulutangkis, catur, gulat, senam, karate, panahan, kempo, panjat tebing, pencak silat, renang, judo, tae kwon do, sepakbola, sepatu roda, sepak takraw, tinju, tenis meja, serta tenis lapangan.

Baca: Bantul Optimis Pertahankan Gelar Juara Umum Popda 2019

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menuturkan, Popda DIY ini merupakan titik kulminasi dan gambaran pembinaan prestasi pelajar daerah di bidang olahraga, dengan mempertandingkan banyak cabang.

"Selain menjadi alat pemersatu di kalangan pelajar, Popda DIY juga bertujuan untuk pembinaan atlet-atlet berbakat, yang diharapkan bisa bersaing di level nasional, hingga internasional," tuturnya, di sela pembukaan Popda DIY, di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Jumat (15/3).

Aji mengatakan, upaya untuk meningkatkan prestasi olahraga DIY, dapat ditempuh dengan berbagai cara, di antaranya melakukan pembinaan jangka panjang, memperbanyak penyelenggaraan kejuaraan, serta meningkatkan kualitas penyelenggaraan.

"Hal tersebut menunjukkan bahwa atlet berbakat harus didukung adanya proses pembinaan berkelanjutan dan memiliki pengalaman mengikuti kejuaraan berkualitas, sehingga dapat meraih prestasi secara maksimal," katanya.

Baca: Mantan Striker PSV Eindhoven Segera Tandatangani Kontrak di Bhayangkara FC

Lebih lanjut, ia pun menjelaskan, tercapainya three success dalam multi sport event khsusus pelajar di tingkat provinsi ini, yakni berhasil dalam pencapaian prestasi, serta sukses pembibitan dan pematangan potensi atlet-atlet muda di Bumi Mataram.

"Ini momentum peningkatan gairah dan motivasi pelajar, untuk berlatih dan berprestasi, di ajang olahraga," tandasnya.(tribunjogja)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved