Yogyakarta

Disbud DIY Sudah Bertemu Ahli Waris Eks Hotel Tugu

Dalam pertemuan tersebut dari ahli waris belum bisa memastikan akan dijadikan apa Eks Hotel Tugu.

Disbud DIY Sudah Bertemu Ahli Waris Eks Hotel Tugu
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Kondisi bangunan bekas Hotel Tugu yang berada di Jalan Margo Utomo 

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Kebudayaan DIY sampai dengan saat ini masih menunggu rencana pemanfaatan Eks Hotel Tugu dari Ahli Waris Pemilik Eks Hotel Tugu.

Aris Eko Nugroho, Kepala Dinas Kebudayaan DIY menuturkan beberapa hari lalu pihaknya sudah melakukan pertemuan dengan salah satu ahli waris dari pemilik Eks Hotel Tugu.

Dia juga menerangkan jika sebelumnya dari ahli waris juga sudah menyuruh utusan untuk membicarakan pemanfaatan Eks Hotel Tugu kedepannya.

Akan tetapi Aris menjelaskan jika dalam pertemuan tersebut dari ahli waris belum bisa memastikan akan dijadikan apa Eks Hotel Tugu.

Dia menerangkan jika ahli waris perlu membicarakan terlebih dahulu masalah tersebut dengan keluarga besar.

Baca: Palette: Tips Memakai Maskara untuk Pemula

"Kemarin kita sudah ketemu dengan salah satu ahli waris. Namun ahli waris yang ditunjuk kan belum ada, sehingga masih membutuhkan rembuk keluarga besar dulu," terangnya pada Tribunjogja.com.

Aris menjelaskan jika dari ahli waris yang ditemui meminta Disbud DIY berkirim surat secara resmi untuk meyakinkan ahli waris yang lainnya.

Dia menerangkan jika dalam minggu ini diusahakan dari Disbud akan segera mengirim surat tersebut.

"Belum, Minggu ini kita usahakan dikirim. Ahli waris yang kita temui minta kita bersurat resmi untuk meyakinkan ahli waris yang lain," ungkapnya.

Baca: Disbud DIY Masih Menunggu Kesepakatan Ahli Waris, Berkaitan Pemanfaatan Eks Hotel Tugu

Aris menjelaskan jika dari Disbud DIY sendiri memberikan tiga rekomendasi, yakni Eks Hotel Tugu mau dikelola sendiri oleh ahli waris, dikerjasamakan dengan pihak ketiga atau bisa dimiliki Pemda.

Sebelumnya Aris berharap, agar Eks Hotel Tugu bisa dipertahankan seusai dengan yang tertera dalam undang-undang.

Selain Eks Hotel Tugu yang sudah masuk dalam Cagar Budaya pada tahun 2007 silam, Eks Hotel Tugu juga termasuk dalam sumbu filosofi Yogyakarta, oleh karenanya sangat penting sekali dipertahankan.

"Harapan yang namanya Cagar Budaya tingkat nasional mau tidak mau harus dipelihara betul. Kebetulan hotel ini masuk di sumbu filosofi, dan Pemda DIY akan mengusulkan Kota Yogyakarta sebagai salah satu Warisan Budaya Dunia. Otomatis, Hotel Tugu ini sangat penting," katanya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved