Jawa

Bupati Magelang Minta Pemerintah Desa Segera Terapkan Monografi Desa

Melalui monografi desa, setiap data yang ada di desa nantinya akan langsung terhubung pada pemerintah di tingkat Kecamatan dan Kabupaten Magelang.

Bupati Magelang Minta Pemerintah Desa Segera Terapkan Monografi Desa
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Bupati Magelang, Zaenal Arifin bersama Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana, Rabu (6/2/2019), memberikan pembinaan aparatur pemerintah desa tahun 2019 diikuti oleh pemerintah desa di aula balai desa Gunungpring, Muntilan. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Bupati Magelang, Zaenal Arifin meminta aparatur pemerintah desa untuk segera menerapkan sistem monografi desa.

Melalui monografi desa, setiap data yang ada di desa nantinya akan langsung terhubung pada pemerintah di tingkat Kecamatan dan Kabupaten Magelang.

Dengan begitu, setiap input data yang ada di desa seperti pendidikan, kesehatan, maupun infrastruktur akan langsung bisa terpantau oleh pemerintah di tingkat Kabupaten, sehingga akan dapat terpantau progres pembangunan desa.

"Saya meminta untuk segera menerapkan monografi desa di setiap desa yang ada di Kabupaten Magelang. Hal ini sangat penting, karena dengan itu setiap data desa akan dapat terpantau, mulai dari pendidikan, kesehatan atau infrastruktur di desa," ujar Zaenal, Rabu (6/2/2019), saat pembinaan aparatur pemerintah desa tahun 2019 diikuti oleh pemerintah desa di aula Balai Desa Gunungpring, Muntilan.

Baca: Mie Setan dan Iblis Hidangan Mie Super Pedas di Yogyakarta

Zaenal mengatakan, saat ini Indonesia sudah memasuki era four point zero dimana semuanya serba digital dan serba cepat.

Maka di era inilah aparatur pemerintah desa diharapkan juga dapat segera menyesuaikan diri agar tidak tertinggal nantinya.

"Era digital ini selalu berjalan dengan cepat, bukan eranya yang harus menunggu kita, namun kita yang harus berlari untuk segera menyesuaikannya," tegas Zaenal.

Zaenal mengatakan, pembinaan aparatur pemerintah desa ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan pada periode kedua, setelah dirinya bersama Wakil Bupati Magelang terpilih dilantik kembali oleh Gubernur Jawa Tengah pada tanggal 29 Januari 2019 yang lalu di Semarang.

"Tentunya kami mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya atas kerja keras aparatur pemerintah desa selama 5 tahun yang lalu. Tentunya pada kesempatan ini juga kami meminta dukungannya agar saya dan Pak Wakil Bupati dapat menjalankan apa yang menjadi visi dan misi kami dalam membangun Kabupaten Magelang 5 tahun ke depan," ujar Zaenal.

Baca: KPU Kota Magelang Susun Daftar Pemilih Tambahan Pemilu 2019

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved