Kota Yogyakarta

Yogyakarta Sabet Penghargaan Kota Cerdas

Satu capaian membanggakan, di tengah komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam mengembangkan Yogyakarta Smart City.

Yogyakarta Sabet Penghargaan Kota Cerdas
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kota Yogyakarta baru saja mendapat penghargaan sebagai Kota Cerdas versi Kompas melalui penilaian berdasar Indeks Kota Cerdas Indonesia (IKCI) 2018.

Satu capaian membanggakan, di tengah komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta dalam mengembangkan Yogyakarta Smart City.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, orientasi Pemkot Yogyakarta mengambangkan semangat Smart City sebenarnya bukan hanya sekedar ingin mendapat penghargaan.

Baca: Warna Living Coral akan Mendominasi Tren Kecantikan 2019

Lebih dari itu, melainkan bagaimana pemerintah bersama dengan semua stakeholder memberikan dampak nyata bagi masyarakat.

Stakeholder yang dimaksud HS, sapaan akrab Haryadi meliputi masyarakat, berbagai jenis dan badan usaha, kampus atau akademisi lainnya dan komunitas.

Para stakeholder ini, jika bisa saling mengisi dan menjalankan peran masing-masing menjadi pondasi kuat demi tercipta Yogyakarta Smart City.

Baca: Operasi Nataru Berakhir, Dishub Kota Yogya Copot Pagar Oranye

“Prinsipnya, bagaimana secara bersama-sama kita bisa menjadikan Yogyakarta menjadi kota yang lebih nyaman, aman dan bersih. Pelayanan publik lebih sederhana, lalu jelas secara waktu dan biaya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi,” kata Haryadi kepada Tribun Jogja, Rabu (9/1/2019).

Selain itu, kedepannya aspek ekonomi juga akan diupayakan didukung dengan perangkat yang mewakili kemajuan teknologi demi lebih bisa memudahkan pelayanan.

Hal ini, sebagaimana telah didahului dengan penerapan e-retribusi pasar tradisional, e-tax untuk pelayanan pajak daerah dan perijinan online.

Terkait IKCI sendiri, Kota Yogyakarta sebagai satu-satunya wilayah berstatus Kota di DIY ini menduduki rangking ketiga dari 57 kota sedang di Indonesia dengan skor 58,96.

Halaman
12
Penulis: sus
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved