Kota Yogya

Soal Tes Pendalaman Materi UNBK, 15 Persennya Berupa Higher Order Thinking Skills

Soal Tes Pendalaman Materi UNBK, 15 Persennya Berupa Higher Order Thinking Skills

Soal Tes Pendalaman Materi UNBK, 15 Persennya Berupa Higher Order Thinking Skills
Tribun Jogja/ Rizki Halim
Suasana UNBK di SMPN 5 Yogyakarta, Senin (23/4/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM - Seluruh SMP di Kota Yogyakarta akan menjalankan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2019 ini.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Edy Heri Suasana menjelaskan bahwa seluruh siswa telah disiapkan untuk bisa mengikuti UNBK tersebut.

"TPM (Tes Pendalaman Materi) mengacu pada kisi-kisi UN. Kami sudah siapkan latihannya dengan berbasis komputer agar anak-anak terbiasa UNBK. Kita sudah siap baik soal (TPM), sistemnya, serta perangkatnya," Rabu (2/1).

Ia menuturkan, TPM yang digelar sebanyak 3 kali. Edy menuturkan TPM sudah digelar, dan dari  sana ia mendapatkan catatat terkait persiapan siswa menghadapi UNBK.

Baca: Tahun Ini, Pemkab Bantul Sediakan Kuota Transmigrasi untuk 30 Kepala Keluarga

"Pertama sudah clear, bagus. Kalau TPM itu ada materi yang belum dipelajari anak-anak, tapi sudah diujikan. Kemarin untuk Matematika dan Bahasa Indonesia belum sesuai yang diharapkan. Kalau Bahasa Inggris sudah cukup, IPA dan IPS sudah tinggi," ungkapnya.

Terkait soal TPM, Edy menjelaskan bahwa tahun ini untuk semua mata pelajaran diterapkan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Adapun prosentase soal HOTS dalam tiap mata pelajaran yang diujikan yakni sebesar 15 persen.

"Dari kementerian belum 100 persen HOTS tapi bertahap dari 5 persen ke 10 persen. Tahun lalu kami sudah 10 persen, kementerian 5 persen. Tahun ini kami 15 persen dan kementerian 10 persen," bebernya.

Ia pun mengatakan, upaya yang dilakukan untuk menambah kesiapan siswa adalah dengan melakukan penambahan jam yang disebut bimbingan belajar atau bimbel yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta untuk semua sekolah. (tribunjogja)


 

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved