Kulon Progo

Tali Asih Penggarap PAG Terdampak NYIA Ditarget Selesai Desember Ini

Tali Asih Penggarap PAG Terdampak NYIA Ditarget Selesai Desember Ini. Saat Ini Pemerintah Daerah Tengah Merampungkan Pemberkasan.

Tali Asih Penggarap PAG Terdampak NYIA Ditarget Selesai Desember Ini
IST
Alat berat tengah beroperasi meratakan lahan pembangunan bandara NYIA di wilayah Temon, belum lama ini. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pembagian tali asih bagi penggarap lahan Paku Alam Ground (PAG) terdampak pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Temon diharapkan bisa rampung di akhir tahun ini.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo masih berupaya merampungkan pemberkasan data nominatif penggarap dan persiapan pencairannya.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertarung) Kulon Progo, Heriyanto mengatakan saat ini prosesnya masih dalam tahapan penandatanganan data nominatif oleh para warga penggarap calon penerima tali asih berikut pembuatan berita acaranya.

Baca: BOB Kembangkan Pariwisata Joglosemar Berkonsep Budaya dan Pariwisata Petualangan

Para penggarap itu berasal dari empat desa yakni Jangkaran, Sindutan, Palihan, dan Glagah.

Data yang akan menjadi dasar utama pembagian tali asih dari Pura Pakualaman sebagai pemilik tanah itu juga harus dengan sepengetahuan ketua paguyuban penggarap di tiap desa, kepala desa, camat, dan pihaknya untuk selanjutnya dimintakan pengesahan ke bupati.

Setelah itu, faktanya akan diberikan kepada pihak Pakualaman sebagai pemilik tanah untuk penentuan mekanisme pencairan dana.

Baca: BPAD DIY Harapkan Perpustakaan Desa Jadi Pusat Aktivitas Masyarakat

Skema yang muncul saat ini adalah pencairan langsung ke rekening masing-masing warga penggarap.

"Targetnya, Desember ini selesai semua. Secepatnya data nominatif kami serahkan pada bupati untuk pengesahan. Namun, semua penggarap kami minta untuk menandatanganinya dulu, biar ngga rame (perselisihan) lagi,"kata Heriyanto, Kamis (6/12/2018).

Nilai dana tali asih yang akan diberikan Pura Pakualaman kepada warga bekas penggarap lahannya itu sebesar Rp25 miliar yang merupakan sebagian dari nilai kompensasi pembebasan lahan PAG di pesisir Temon untuk pembangunan NYIA. (tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved