Pendidikan

Pelajaran Pancasila Sudah Saatnya Masuk Kurikulum

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY telaH mengusulkan pelajaran pancasila masuk dalam kurikulum pelajaran.

Pelajaran Pancasila Sudah Saatnya Masuk Kurikulum
setkab.go.id
Pancasila 

TRIBUNJOGJA.COM - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DIY telaH mengusulkan pelajaran pancasila masuk dalam kurikulum pelajaran.

Hal ini agar pendidikan mengenai pancasila bisa kembali didapatkan peserta didik.

Kepala Bidang Perencanaan dan Standarisasi Dikpora DIY, Didik Wardaya menjelaskan, pelajaran Pancasila bisa diajarkan kembali secara khusus pada anak didik.

Sejauh ini, pelajaran ini hanya melekat dengan pendidikan kewarganegaraan.

"Kami setuju jika memang pelajaran mengenai Pancasila bisa masuk secara eksplisit dalam kurikulum," katanya kepada Tribun Jogja, Kamis (28/11/2018).

Baca: BREAKING NEWS : Dua Siswa SD di Sleman Mengaku jadi Korban Percobaan Penculikan

Menurutnya kondisi saat ini memerlukan pendidikan Pancasila bisa dilaksanakan secara khusus dan total. Di antaranya dia menyoroti kasus kenakalan remaja yang masih terjadi.

"Hal-hal ini jauh dari nilai-nilai pancasila," paparnya. 

Jika hanya melekat dalam pendidikan kewarganegaraan, papar Didik, maka pesan dan pengamalan sila-sila kurang tersampaikan.

Dalam forum group discussion (FGD) dengan Kementrian Pendidikan beberapa waktu lalu juga sudah disinggung perlunya Pancasila masuk dalam kurikulum. (tribunjogja)

Penulis: ais
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved