Kriminal

Kasus Pencurian Uang di ATM SPBU Jalan Parangtritis, Pelaku Pakai Hasil Kejahatan untuk Jalan-jalan

Kasus Pencurian Uang di ATM SPBU Jalan Parangtritis, Pelaku Pakai Hasil Kejahatan untuk Jalan-jalan

Kasus Pencurian Uang di ATM SPBU Jalan Parangtritis, Pelaku Pakai Hasil Kejahatan untuk Jalan-jalan
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Ms dan JS, dua pelaku pembobolan ATM saat digiring ke Mapolres Bantul, Senin (01/10/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM - Jajaran Satreskrim Polres Bantul menangkap MS (37) dan JS (37) dua pelaku kasus pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Para pelaku mengaku baru kali pertama melancarkan aksi.

"Cungkil uang dari ATM nggak selalu berhasil. Baru belajar. Baru satu kali," tutur pelaku Ms, saat dimintai keterangan di hadapan petugas dan awak media di Mapolres Bantul, Senin (01/10/2018)

Ketika ditanya mengapa nekad mengambil uang di ATM, pelaku Ms mengaku ingin mencari uang dengan mudah sehingga bisa dimanfaatkan untuk keperluan pribadinya, termasuk jalan-jalan.

Diketahui, pelaku MS dalam menjalankan aksi pembobolan ATM di area SPBU jalan Parangtritis, Kretek, Bantul pada 5 September lalu tidak sendirian. Ia dibantu bersama tiga rekan lainnya, JS, SR dan DN.

Baca: Kasus Bobol ATM di Jalan Parangtritis, Polres Bantul Masih Kejar Dua Pelaku

Pelaku MS dan JS yang merupakan warga Madiun Jawa Timur berhasil ditangkap oleh Satreskrim Polres Bantul di wilayah Sleman. Namun dua pelaku lainnya, SR dan DN sampai saat ini masih buron.

Dalam menjalankan aksinya, komplotan ini pura-pura melakukan transaksi pengambilan uang di mesin ATM.

Kemudian ketika mesin sedang memproses, pelaku dengan cepat menjepit uang yang akan keluar dari mesin dan segara mematikan listrik agar transaksi dianggap gagal dan saldo di dalam rekening tidak berkurang.

Waka Polres Bantul, Kompol Ahmad Nanang Wibowo mengatakan, kasus ini bermula ketika petugas mendapatkan laporan dari Karyawan salah satu Bank terkait adanya kerusakan di mesin ATM yang ada di stasiun pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) jalan Parangtritis, Kretek, Bantul pada Rabu, 5 September 2018.

"Selain mesin ATM dalam keadaan rusak. Ketika di chek karyawan juga mendapati uang sebesar Rp 1.1 juta di dalam mesin raib," tuturnya.

Baca: Polres Bantul Bekuk 2 Pelaku Pembobol ATM

Kasus itu kemudian dilaporkan kepada pihak kepolisian pada Kamis, 6 September 2018 dan segara ditindaklanjuti dengan proses penyelidikan.

Dari hasil penyelidikan dan pemeriksaan kamera pengintai atau circuit closed television (CCTV) diketahui wajah pelaku.

"Kami kemudian lakukan pengejaran dan dua tersangka berhasil kami tangkap di wilayah Sleman," ungkapnya.

Dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan sejumlah barang bukti kejahatan. Di antaranya, dua kartu ATM, satu buah obeng, senter, kabel beserta stop kontaknya dan dua penjepit kawat yang telah dimodifikasi.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara. (tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help