Kota Magelang

Walikota Magelang Dorong MTQ Diselenggarakan di Tiap Kampung

Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, mendorong penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tidak hanya dilaksanakan di tingkat Kota Magelang.

Walikota Magelang Dorong MTQ Diselenggarakan di Tiap Kampung
tribunjogja/rfk
Salah satu peserta tengah membaca Al Quran dalama kegiatan MTQ Kota Magelang 2018 di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, komplek Pemkot Magelang, Selasa (25/9/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Walikota Magelang, Sigit Widyonindito, mendorong penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tidak hanya dilaksanakan di tingkat Kota Magelang.

Tetapi, menurutnya juga dapat menjangkau ke tingkat paling bawah, sampai ke kampung-kampung, di masjid-masjid di tiap sekolah.

"Kami harapkan MTQ tak hanya dilaksanakan di lingkungan Kanotr Pemerintah Kota Magelang saja, tetapi juga sampai di kampung-kampung," ujar Sigit, Selasa (25/9) saat membuka di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, Pemkot Magelang.

Baca: Wanita Asal Secang Magelang Ini Bulatkan Tekad Terjun di Dunia Politik

Baca: Langgar Aturan KTL, 2 Mobil Dikempesi, 4 Pengendara Motor di Kota Magelang Ditilang

Sigit mengatakan, pelaksanaan MTQ ini meniru kegiatan Safari Subuh dan Safari Jumat yang juga telah dilaksanakan di setiap kampung.

Adanya kegiatan MTQ ini dapat menyambung tali persaudaraan atau silaturahmi di antara warga.

"Kegiatan MTQ maupun Safari Subuh dan Safari Jumat bukan hanya ceremonial tahunan, namun berhubungan dengan silaturahmi.

MTQ di tingkat kampung-kampung ini belum pernah dilakukan, dan itu adalah ide yang baik. Kami akan mulai laksanakan dari Magelang Utara, kemudian Magelang Tengah, sampai Magelang Selatan," jelasnya.

Lokasi MTQ juga diadakan di masjid-masjid yang berdekatan dengan sekolah.
Tujuannya agar anak-anak dapat turut serta, berkegiatan positif, dan dapat memiliki karakter spiritual yang baik dan menjadi anak yang maju dan cerdas.

"MTQ bisa dilakukan di masjid-masjid yang berdekatan dengan sekolah.
Semangatnya untuk mengajak anak-anak untuk memiliki karakter spiritual yang baik serta menjadi anak yang maju dan cerdas," ujar Sigit.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Magelang, Hadi Sutopo, pelaksanaan MTQ di tingkat Kota Magelang sendiri dilaksanakan selama dua hari,

yakni Selasa-Rabu (25-26/9) mendatang di tiga lokasi, yaitu Gedung Wiworo Wiji Pinilih, Masjid Baitul Makmur, Ruang rapat lantai I Setda Kota Magelang.

Baca: Samsat On Call dan Sidita Mudahkan Pengurusan Pajak dan Informasi Lalu Lintas di Kota Magelang

Jumlah peserta sendiri adalah sebanyak 229 orang, terdiri dari 167 orang pelajar dan 62 peserta umum. Sedangkan kategori lomba dibagi menjadi tiga, yakni Tilawah, Tartil, dan Tahfidz.

"Untuk tahfidz pelajar juz 1-juz 5, sedangkan tahfidz umum juz 1- juz 30," tuturnya.

Hadiah yang diperebutkan dalam kegiatan ini adalah berupa piagam dan uang pembinaan. Untuk juara I uang pembinaan sebesar Rp 1.750.000, juara II Rp 1.250.000, juara III Rp 1.000.000. (rfk)

Penulis: rfk
Editor: ose
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved