Yogyakarta

Update Merapi, Material Kubah Lava Baru Gunung Merapi Sudah di Pinggir Kawah Sisi Utara

Bila dilihat dari CCTV, material kubah lava baru ini sudah berada di bibir kawah sisi sebelah utara

Update Merapi, Material Kubah Lava Baru Gunung Merapi Sudah di Pinggir Kawah Sisi Utara
BPPTKG
Kubah Lava baru merapi 2018 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kondisi visual kubah lava baru Gunung Merapi pagi ini terpantau dari CCTV BPPTKG Yogyakarta menunjukkan penambahan volume bila dibandingkan dengan hari sebelumnya. 

Melalui CCTV BPPTKG Yogyakarta yang dipasang di kawah puncak Gunung Merapi, terlihat kubah lava baru seperti gundukan pasir berwarna hitam pekat.

Cuaca di puncak cerah sehingga kubah lava baru terlihat. 

Bila dilihat dari CCTV, material kubah lava baru ini sudah berada di bibir kawah sisi sebelah utara, hanya saja di sisi utara masih terdapat dinding kawah yang akan menahan bila material kubah lava baru runtuh.

Baca: Fenomena Kubah Lava Gunung Merapi dan Dampak yang Ditimbulkan

Namun sebaliknya, bila material ini penuh dan jatuh ke sisi tenggara, maka kemungkinan besar material bisa meluncur ke bukaan tenggara mengarah ke kali Gendol. 

Data terkini yang dirilis BPPTKG Yogyakarta menyebutkan, volume kubah lava baru Gunung Merapi periode 18 hingga 27 Agustus 2018 mencapai 40.000 meter kubik dengan pertumbuhan volume perhari mencapai 4.500 meter kubik.

Sementara itu, Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida merilis data pengamatan hingga pukul 00.00 WIB, Senin (27/8/2018).

Aktivitas kegempaan Gunung Merapi masih terus berlangsung, sepeti guguran, hembusan, gempa Low Frekuensi, fase banyak, vulkanik dangkal hingga tektonik lokal dan jauh. 

Baca: Material Kubah Lava Baru Gunung Merapi Sudah di Pinggir Kawah Sisi Utara

"Tingkat Aktivitas Gunung Merapi Level II, Waspada. Kegiatan pendakian Gunung Merapi untuk sementara masih tidak direkomendasikan kecuali untuk kepentingan penyelidikan dan penelitian berkaitan dengan upaya mitigasi bencana," kata Hanik.

Diberitakan sebelumnya, volume kubah lava baru Gunung Merapi pada periode 18 hingga 25 Agustus 2018 mencapai 32.000 meter kubik dengan pertumbuhan volume perhari mencapai 6000 meter kubik.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: yud
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved