Yogyakarta

Polda DIY Kurbankan 3 Sapi dan 9 Kambing

Daging hewan didistribusikan kepada warga lingkungan sekitar Mapolda, fakir miskin, dhuafa dan panti asuhan serta ponpes binaan Polda DIY.

Polda DIY Kurbankan 3 Sapi dan 9 Kambing
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Suasana Idul Adha di Polda DIY, Rabu (22/8/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Jajaran kepolisian DIY ikut berkurban dalam momen Idul Adha, Rabu (22/8/2018).

Daging kurban kemudian dibagikan kepada warga lingkungan sekitar dan yang membutuhkan.

Sebelumnya, bertepat di halaman depan Mapolda DIY, juga dilangsungkan Salat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1439 H.

Baca: Aston Solo Hotel Berikan Hewan Kurban di Momen Idul Adha

Adapun yang menjadi imam dan khotib kali ini adalah AKBP Drs H Zainal Arifin.

Dalam ibadah yang dihadiri ratusan jamaah baik dari anggota intern Polda DIY maupun masyarakat sekitar Mapolda DIY ini, Zainal mengimplementasi pesan dari kisah Nabi Ibrahim yang menyembelih putranya Ismail.

Ia mengatakan kemuliaan dari Nabi Ibrahim adalah merupakan manusia yang mampu memenuhi perintah Allah SWT walau mengorbankan anaknya sendiri.

"Setidaknya ada pesan yang dapat kita ambil yakni totalitas kepatuhan Nabi Ibrahim As kepada Allah lewat perintah Nya menyembelih Ismail. Allah hendak mengingatkan bahwa anak hanyalah titipan, Allah lah pemiliknya. Kedua, dengan Allah mengganti Ismail dengan domba merupakan himbauan kita sebagai manusia untuk tidak meremehkan nyawa dan darah manusia sehingga pengorbanan dalam bentuk tubuh manusia harus dihindarkan", ucap AKBP Zainal.

Dalam kesempatan itu AKBP Zainal juga menekankan pelajaran tentang hakikat pengorbanan.

Diungkapkanya sedekah daging hewan kurban adalah simbol dari makna korban yang sejatinya sangat luas, meliputi pengorbanan dalam wujud harta benda, tenaga, pikiran, dan waktu untuk persoalan sosial.

"Di sinilah perlunya kita 'menyembelih' ego kebinatangan kita, karena esensi kurban adalah solidaritas sesama umat manusia dan ketulusan murni untuk mengaharap Ridho dan Rahmat dari Allah SWT," tutupnya.

Halaman
12
Penulis: nto
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved