Gunungkidul

Disdukcapil Gunungkidul Berlakukan Sistem Shift untuk Kurangi Lamanya Antrean

Untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya memberlakukan sistem kerja shift, sehingga petugas tetap akan mendapatkan istirahat.

Disdukcapil Gunungkidul Berlakukan Sistem Shift untuk Kurangi Lamanya Antrean
Tribun Jogja
Gunungkidul 

Laporan Calon Reporter Tribunjogja Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat Dinas kependudukan dan layanan sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul hapuskan jam penutupan antrian, pelayanan penuh selama jam kerja.

Jam kerja saat ini pelayanan akan ditutup pada pukul 10.00 WIB dan akan dibuka kembali pada pukul 13.00 WIB, selama waktu senggang tersebut antrean menjadi banyak dan pada pukul 12.45 masyarakat berebut nomor antrian.

Kepala Disdukcapil Gunungkidul, Eko Subiyantoro mengatakan pihaknya melakukan evaluasi dari evaluasi tersebut banyak masyarakat yang datang pada jam istirahat sehingga membuat waktu antrian menjadi lama.

Baca: Libur Nasional Pilkada Serentak, Disdukcapil Bantul Tetap Buka Layanan

"Mulai senin lalu (2/7/2018) pelayanan akan dilakukan tanpa jeda pada jam 08.00 hingga jam 15.00," terangnya, Selasa (3/7/2018).

Kebijakan tersebut diambil berdasarkan ketentuan dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk menghapus waktu istirahat dan juga untuk kenyamanan masyarakat.

Dari kebijakan tersebut pihaknya mengakui kekurangan jumlah petugas, saat ini ada 17 petugas khusus yang terbagi karyawan dan staff.

"Bahkan saat ada yang cuti sakit kami kesulitan untuk mencari penggantinya," bebernya.

Untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya memberlakukan sistem kerja shift, sehingga petugas tetap akan mendapatkan istirahat.

Baca: Jelang Lebaran, Disdukcapil Kota Yogyakarta Tetap Buka Pelayanan

"Jadi petugas yang bertugas pada shift pertama yaitu pukul 08.00-10.00 akan mendapatkan waktu istirahat pada jam 10.00-11.00, lalu berturut turut hingga pukul 15.00," terangnya.

Ia berharap dengan berlakukunya sistem kerja shift ini tidak ada lagi keluhan yang muncul saat masyarakat mengurus administrasi kependudukan.

Sementara itu satu diantara warga yang mengurus administrasi di Didukcapil, Wibawa mengapresiasi kebijakan yang diberlakukan.

"Dengan begini pelayanan lebih lancar, biasanya menunggu antrian berjam-jam sekarang bisa lebih cepat," jelasnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help