Mudik Lebaran 2018

UPDATE: Jembatan Kalikuto Difungsikan Rabu Siang untuk Pemudik

Jembatan Kalikuto yang selama ini dianggap sebagai titik kritis Jalan Tol Batang-Semarang, siap difungsikan.

UPDATE: Jembatan Kalikuto Difungsikan Rabu Siang untuk Pemudik
TRIBUNJATENG/DHIAN ADI PUTRANTO)
Jembatan pelengkung Kalikuto menjadi titik krusial pada arus mudik 2018. Foto diambil Senin 11 Juni 2018 

TRIBUNJOGJA.COM, KENDAL - Jembatan Kalikuto yang selama ini dianggap sebagai titik kritis Jalan Tol Batang-Semarang, siap difungsikan pada Rabu (13/6/2018) siang ini sekitar pukul 13.00 WIB.

Direktur Utama PT Jasamarga Semarang Batang Arie Irianto mengungkapkan hal tersebut kepada Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com, Rabu (13/6/2018).

"Yang akan memfungsikan nanti Pak Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Rencana awalnya akan difungsikan sore, namun karena tak ingin mengganggu arus mudik, jadi dimajukan jadwalnya," terang Arie.

Informasi serupa dikatakan Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawdijaya.

Menurut dia, jembatan pelengkung yang akan ditahbiskan sebagai ikon Kabupaten Batang dan Kendal ini difungsikan Rabu ini. "Bahasanya resmi difungsikan," kata Endra, Selasa (12/6/2018) malam.

Dengan difungsikannya Jembatan kalikuto ini, pemudik dengan tujuan Semarang, Solo, Surabaya, dan sekitarnya tidak harus keluar di exit Grinsing.

Kapasitas berkurang

Arie menjelaskan, meski secara struktur aman untuk dilintasi, namun kapasitas jembatan berbobot 2.400 ton ini berkurang.

Awalnya, kapasitas jembatan yang dijanjikan dapat dilalui pemudik adalah satu jalur dua lajur, namun kini satu jalur satu lajur.

"Kami jamin aman dilintasi, hanya berkurang kapasitasnya," ujar Arie. Secara umum, arus mudik pada Selasa (12/6/2018) kemarin terjadi peningkatan volume kendaraan di jalan tol sepanjang 75 kilometer ini. Kendaraan pemudik melintasi di ruas tol fungsional Batang-Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6/2018).

Baca: Jembatan Pelengkung Kalikuto Penghubung Tol Batang Semarang Belum Siap Dilewati Pemudik

Arie menyebutnya sebagai gelombang puncak arus mudik kedua setelah Sabtu (9/6/2018). "Banyak karyawan swasta yang memulai perjalanan mudiknya kemarin. Namun volume kepadatan masih di bawah Sabtu lalu," tuntas dia.(Hilda B Alexander)

Editor: iwe
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help