Home »

DIY

Nasional

Cegah Terorisme, UGM Dorong Pemerintah Lakukan Deradikalisasi Secara Terstruktur

UGM turut menyatakan sikap terkait kasus terorisme yang terjadi di Mako Brimob dan di Surabaya hari ini.

Cegah Terorisme, UGM Dorong Pemerintah Lakukan Deradikalisasi Secara Terstruktur
TRIBUNJOGJA.COM / Rizki Halim
Rektor UGM bersama beberapa jajaran dekan seusai menyatakan sikap melawan terorisme, Minggu (113/5/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - UGM turut menyatakan sikap terkait kasus terorisme yang terjadi di Mako Brimob dan di Surabaya hari ini.

Salah satu poin yang diangkat oleh UGM adalah untuk mengajak pemerintah untuk melakukan deradikalisasi secara terstruktur untuk mencegah terjadinya radikalisme.

"Pada prinsipnya UGM selalu memberi dukungan kepada pemerintah agar secara terstruktur melakukan deradikalisasi, ini harus terstruktur dan terencana," ujar Rektor UGM, Panut Mulyono, Minggu (13/5/2018).

Menurut Rektor UGM, dilakukannya tindakan deradikalisas sangat berguna untuk mencegah tindakan terorisme secara sistematis.

Baca: Presiden Jokowi Sebut Tindakan Teroris Ini Biadab!

Tindakan deradikalisme juga merupakan bentuk pencegahan dini, yang dimaksudkan agar tidak kembali terjadi aksi terorisme.

"Harus dilakukan kegiatan yang mencegah terjadinya radikalisme, jangan sampai mereka menjadi radikal sehingga harus dicegah terlebih dahulu," imbuhnya.

Baca: UGM Keluarkan Sembilan Sikap Merespons Aksi Terorisme

Oleh karena itu, dalam mewujudkan upaya deradikalisasi, UGM juga melakukan beberapa upaya preventif kepada para mahasiswanya.

Hal tersebut guna meminimalisir tumbuhnya paham yang bertentangan dengan semangat persatuan NKRI.

"Kami melarang segala bentuk kegiatan di lingkungan UGM yang memberi peluang bagi tumbuhnya paham dan gerakan radikal serta hal-hal yang bertentangan dengan konstitusi," pungkas Rektor UGM.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rizki Halim
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help