Home »

News

» Sains

Duel Maut Kobra vs Piton! Keduanya Mati Terkena Senjata Pamungkasnya Masing-masing

Dua ekor ular yakni Kobra vs Piton terlibat dalam duel maut yang mengakibatkan dua-duanya mati

Duel Maut Kobra vs Piton! Keduanya Mati Terkena Senjata Pamungkasnya Masing-masing
IMGur
Pertarungan ular Kobra melawan Piton 

TRIBUNJOGJA.COM - Ini mungkin sebuah kejadian yang terhitung langka. Dimana petarungan dua ekor ular mematikan berakhir tanpa ada pemenangnya. Keduanya mati akibat terkena senjata pamungkasnya masing-masing.

Adapun ini merupakan duel maut antara Kobra (Ophiophagus Hannah) vs Piton (Python reticulatus). Peristiwa ini menarik perhatian warganet setelah fotonya diunggah ke situ imgur pada 1 Februari lalu.

King Cobra vs Piton
King Cobra vs Piton (Imgur)

Tak hanya mereka yang awam, foto ini juga menjadi bahasan menarik para ahli di bidang satwa.

Sebagaimana dilansir Live Science, kedua ular ini termasuk ke dalam ular mematikan dengan senjatanya masing-masing. Piton memiliki kekuatan otot yang mampu melumpuhkan dan menghancurkan tubuh mangsanya. Lilitannya juga kerap digunakan untuk mencekik lawan hingga kehabisan nafas.

Sementara King Cobra, memiliki racun neuro toksin yang cukup melumpuhkan seekor gajah hanya dalam sekali gigitan. Ia termasuk sebagai ular dengan bisa paling mematikan.

Adapun berdasarkan foto yang menyebar viral ini, diduga kuat petarungan keduanya dimulai dengan serangan King Cobra. Sementara Piton hanya berusaha mempertahankan diri.

Ini didasarkan pada asumsi bahwa King Cobra kerap menjadikan ular lainnya sebagai mangsa. Sementara piton kerap memangsa mamalia maupun binatang lainnya selain kanibal memakan ular lainnya.

Demikian sebagaimana dijelaskan Shab Mohammadi, mahasiswa post doktoral di School of Biological Sciences, University of Nebraska Lincoln.

Apa yang membuat keduanya mati?

Piton mati akibat racun King Cobra yang disuntikan lewat gigitan di sekitar daerah kepala. Sebelum Piton ini mati, ia melakukan serangan pertahanan diri dengan melilitkan tubuhnya ke ular Kobra. Lilitan ini sangat kuat hingga menghancurkan tulang king cobra.

Akhirnya keduanya sama-sama mati dalam posisi saling terikat satu sama lain.

Tak diketahui dimana lokasi pengambilan foto, tapi Frank Burbrink, associate curator di Department of Herpetology, American Museum of Natural History, Kota New York meyakini bahwa ini terjadi di sebuah kawasan tropis di Asia. Karena kawasan ini merupakan habitat asli kedua ular tersebut.

"Kita bisa lihat, taring Kobra menancap di leher Piton. Sementara tubuh piton melilit kuat. Dan mereka sama-sama ular yang besar," jelasnya.

Meski begitu sulit untuk menjelaskan secara rinci bagaimana pertarungan keduanya karena hanya ada satu foto, dan tak bisa menjelaskan secara rinci. (*)

Penulis: mon
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help