Home »

DIY

Terkait Kasus Penyerangan Gereja, Komisi A DPRD DIY Sodorkan Sejumlah Rekomendasi pada Pemda DIY

Karena itu, supaya kejadian serupa tak terulang lagi, ia menuntut pemerintah melakukan perbaikan.

Terkait Kasus Penyerangan Gereja, Komisi A DPRD DIY Sodorkan Sejumlah Rekomendasi pada Pemda DIY
TRIBUNJOGJA.COM / Azka Ramadhan
Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi A DPRD DIY memberikan sejumlah rekomendasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) DIY, terkait peristiwa penyerangan Gereja Santa Lidwina Stasi, Bedog, Sleman, saat berlangsung misa ekaristi, pada Minggu (11/2/2018) lalu.

Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, mengatakan, aksi tersebut, merupakan satu tindakan keji dan biadab, sehingga pelakunya layak mendapat hukuman mati.

Karena itu, supaya kejadian serupa tak terulang lagi, ia menuntut pemerintah melakukan perbaikan.

Eko memaparkan, beberapa rekomendasi yang disampaikannya dalam rapat kerja bersama Pemda DIY, di ruang rapat Komisi A DPRD DIY, Senin (12/2/2018), antara lain, pemerintah harus melakukan deteksi dini dan meningkatkan koordinasi, di tingkat desa, atau kelurahan.

"Koordinasi kepala desa, atau lurah, dengan Babinsa, Bhabinkamtibmas, Linmas, serta Jaga Warga, harus lebih aktif lagi, untuk melakukan kontrol terhadap lingkungan masing-masing. Jangan segan melapor, saat temukan sesuatu yang mencurigakan," katanya.

Lebih lanjut, Politisi PDI Perjuangan itu juga menuntut Pemda DIY untuk meningkatkan pengawasan terhadap para pendatang.

Sebab, sebagai kota wisata, maupun pendidikan, sudah menjadi resiko, ketika Yogyakarta didatangi banyak warga dari berbagai daerah.

Baca: Sri Sultan Hamengkubuwono X Akan Berdialog dengan Ormas Terkait Insiden Penyerangan Gereja

"Koordinasi intelejen perlu ditingkatkan. Lembaga yang punya kewenangan untuk itu, harus berkoordinasi lebih baik lagi. Selain itu, aturan laporan kunjungan tamu yang lebih dari 24 jam, saya kira masih relevan untuk diterapkan, sebagai upaya pengawasan," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga menjalin kesepakatan dengan Pemda DIY, untuk bersama-sama melangsungkan kegiatan bertajuk 'Apel Jogja Damai.'

Halaman
12
Penulis: aka
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help