DLH Kota Yogyakarta Pastikan Stafnya Tak Terlibat Pungli

Pihaknya sedang berkoordinasi dengan Inspektorat apakah tersangka perlu diberhentikan sementara atau ada putusan lain.

DLH Kota Yogyakarta Pastikan Stafnya Tak Terlibat Pungli
TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
Petugas kepolisian membawa tersangka pungli saat jumpa pers di Mapolda DI Yogyakarta, Selasa (23/1/2018). Petugas berhasil mengamankan tersangka berinisial IA yang berkerja di kantor Dinas Lingkungan HIdup Kota Yogyakarta beserta uang setelah melakukan transaksi dengan korban yang sedang melakukan pengurusan perijinan. 

TRIBUNJOGJA.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta, Suyana yakin bahwa staf lain yang berada di bawahnya tidak ada yang melakukan pungutan liar (pungli) kepada masyarakat.

"Saya bertanya dengan anak-anak (staf DLH), nggak lah. Itu oknum. Dia juga tidak punya kewenangan menerbitkan izin. Saya cenderungnya itu adalah pemerasan karena mengancam, karena nanti kalau tidak dikasih uang tidak dikeluarkan (IMB)," bebernya melalui sambungan telepon, Rabu (24/1/2018).

Menurutnya pengurusan izin melalui DLH adalah urusan yang salah kamar.

Suyana menegaskan, semua urusan terkait perizinan adalah wewenang Dinas Perizinan.

"Semua yang perizinan harus datang ke perizinan untuk mengurus izin. Bukan datang di DLH. DLH kan nggak mungkin ngurus perizinan," tandasnya.

Disinggung mengenai sanksi terhadap oknum tersebut, ia menjelaskan bahwa pihaknya sedang berkoordinasi dengan Inspektorat apakah perlu diberhentikan sementara atau ada putusan lain.

"Nantinya pasti dicopot (dari jabatannya di DLH). Itu saya tunjukan ke temen-temen saya. Jangan main-main melayani masyarakat, (layani) yang baik. Kalau dia (oknum) nanti terbukti, pasti akan dikeluarkan dari dinas," tegasnya. (*)

Penulis: kur
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved