Wisata Kedung Pedut Segera Dilengkapi Taman Edukasi

Area taman wisata Sebantung kini dibangun untuk mewujudkan konsep wisata alam dan edukasi sebagai daya tarik bagi wisatawan

Wisata Kedung Pedut Segera Dilengkapi Taman Edukasi
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Suasana taman edukasi Sibantung di Jatimulyo, Girimulyo yang tengah dibangun untuk mendukung kawasan wisata air terjun Kedung Pedut. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Pengembangan atraksi tengah dilakukan pengelola wisata air terjun Kedung Pedut Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo.

Area taman wisata Sebantung kini dibangun untuk mewujudkan konsep wisata alam dan edukasi sebagai daya tarik bagi wisatawan, terutama kalangan anak dan pelajar.

Taman edukasi Sebantung dibangun di atas lahan Sultan Ground seluas 1,5 hektare dan terletak sekitar 100 meter dari pintu masuk Kedung Pedut.

Pengelola memanfaatkan dana corporate social responsibility (CSR) dari PT Pertamina senilai Rp 286 juta.

Area taman pendukung wisata Kedung Pedut ini akan dilengkapi sarana dan prasarana outbond, camping ground, permainan ketangkasan, wahana rapling (panjat tebing), taman bunga, dan kebun buah.

Taman edukasi ini juga dilengkapi dengan bangunan joglo, gazebo, dan sarana lain.

Baca: Air Terjun Kedung Pedut Airnya Benar-benar Nyegerin

"Zaman sekarang, banyak anak-anak perkotaan yang tidak mengetahui seperti apa pohon durian, pohon nanas, dan sebagainya. Melalui taman ini, kami ingin memberikan edukasi keragaman hayati dan satwa itu sehingga mereka lebih mengenalnya," kata Perintis Pengelola WIsata Kedung Padut, Sarija, usai pencanangan pembangunan Taman Edukasi Sibantung oleh Bupati Kulonprogo, Minggu (14/1/2018).

Menurutnya, selama ini juga sudah banyak permintaan dari wisatawan lokal maupun mancanegara terkait wisata edukasi sehingga adanya taman itu menjadi daya dukung yang kuat untuk menunjang Kedung Pedut sebagai destinasi.

Pembangunan diperkirakan memakan waktu 2-3 bulan sebelum akhirnya tertata rapi dan siap dikunjungi wisatawan.

Pihaknya nanti akan membuat paket-paket wisata yang menggabungkan kunjungan wisata Kedung Pedut dan Taman Sibantung sekaligus.

Pjs unit Manager Communication and Relationship & CSR, PT Pertamina MOR IV Jawa Tengah-DIY, Muslim Darmawan mengatakan, pihaknya melihat ada potensi yang bisa dikembangkan lagi dari Kedung Pedut dengan menambah atraksi wisatanya.

Pihaknya akan memonitor perkembangan atraksi baru Taman Edukasi Sibantung ke depannya, terutama dalam kaitan terhadap peningkatan jumlah pengunjung.

"Misalkan ada penurunan pengunjung, kami akan menelaah apa kendalanya dan kami support. Lalu juga akan dilakukan capacity building agar ini semakin cepat berkembang," kata Muslim.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: ing
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved