TribunJogja/

Air Terjun Kedung Pedut Airnya Benar-benar Nyegerin

Buih percikan air yang terbawa air, akan menyegarkan Anda kembali setelah lelah berjalan kaki melewati jalan setapak yang berliku

Air Terjun Kedung Pedut Airnya Benar-benar Nyegerin
Tribun Jogja/Gilang Satmaka
Air Terjun Kedung Pedut 

TRIBUNJOGJA.COM - Salah satu tempat wisata alam yang layak Anda kunjungi ketika berada di Kulonprogo adalah air terjun Kedung Pedut.

Air terjun yang terletak di Dusun Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kulonprogo tersebut, mulai dibuka sebaga tempat wisata pada tahun 2015.

"Setelah kerja bakti masyarakat sekitar selama hampir 3 bulan, pada tanggal 15 Januari 2015 lalu Kedung Pedut mulai dibuka sebagai kawasan wisata," papar Yuhono selaku Kepala Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) di Kedung Pedut.

Ia menambahkan bahwa, sebenarnya air terjun tersebut sudah ada sejak zaman dahulu.

"Dulunya kawasan Kedung Pedut ini digunakan warga sekitar untuk perjalanan menuju ke ladang," tambah Yuhono.

Lalu dengan kerjasama masyarakat sekitar, mereka mulai mengelola tempat tersebut dan digunakan sebagai tempat wisata.

Kesadaran masyarakat akan potensi wisata di desa mereka menjadikan Air terjun Kedung Pedut tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Air terjun Kedung Pedut
Air terjun Kedung Pedut (Tribun Jogja/Gilang Satmaka)

"Pengunjung yang datang ketempat ini, sudah mulai banyak dari berbagai daerah, hingga dari luar kota. Jika musim liburan, rata-rata per hari bisa mencapai hingga 400 pengunjung", ungkap Yuhono

Menurut Yuhono ketinggian Air terjun Kedung Pedut ini mencapai 25 meter. Ia juga mengatakan bahwa dahulu kedalaman Kedung Pedut ini dapat Mencapai 2 hingga 3 meter.

"Sebenarnya dulu kedalaman Kedung Pedut ini mencapai 2 hingga 3 meter, namun karena alasan keamanan para pengunjung, pengelola menutupnya dengan pasir, sehingga sekarang Kedung ini sudah tidak terlalu dalam dan aman bagi anak-anak untuk bermain-main.

Halaman
123
Penulis: gsk
Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help