Monsoon Asia Membuat Hujan Merata di Seluruh DIY

Hujan dalam kurun waktu dasarian I atau 10 hari pertama di bulan Januari ini terhitung curah hujan tinggi.

Monsoon Asia Membuat Hujan Merata di Seluruh DIY
Logo BMKG 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Potensi hujan masih muncul disebagian besar wilayah DIY.

Kepala Kelompok Data dan informasi Stasiun Klimatologi (Staklim) Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, Djoko Budiyono menyebutkan hal tersebut disebabkan oleh penguatan Monsoon Asia dan low pressure di selatan equator.

"Monsoon Asia banyak membawa uap air atau bersifat basah. Sementara tekanan rendah di Pulau Jawa menyebabkan belokan angin atau pertemuan angin. Hal ini berdampak pada masih banyaknya pembentukan awan hujan hingga akhir bulan Januari ini," ujarnya kepada Tribun Jogja, Sabtu (13/1/2018).

Diprediksi potensi hujan sedang hingga lebat yakni 30-60 mm/hari akan muncul di sebagian besar Kulonprogo, Kota Yogyakarta, serta Sleman.

Sementara sebagian besar Bantul dan Gunungkidul hujan diprediksi dalam kategori sedang yakni 20-40 mm per hari.

Baca: Waspadai Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Hari Ini

"Potensi hujan yang terjadi bisa disertai petir dan angin kencang serta umumnya terjadi pada sore hingga malam hari," imbuh Djoko.

Hasil pantauan curah hujan BMKG DIY mencatat, hujan dalam kurun waktu dasarian I atau 10 hari pertama di bulan Januari ini terhitung curah hujan tinggi.

Sementara pada periode bulan Januari hingga pertengahan Februari 2018, merupakan puncak musim hujan.

"Terkait tinggi gelombang di selatan Jawa, khususnya DIY hingga beberapa hari mendatang berkisar mencapai 3-5 meter," bebernya.

Ia meminta agar masyarakat di pesisir pantai agar waspada terhadap peningkatan ketinggian gelombang air laut yang di atas 3 meter dengan menunda kegiatan penangkapan ikan secara tradisional hingga gelombang tinggi mereda.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: kur
Editor: Ari Nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help