TribunJogja/
Home »

Jawa

Tol Bawen Yogyakarta

Jalan Tol Bawen - Yogyakarta Segera Dibangun

Jalan tol yang menghubungkan empat Kabupaten di Jawa Tengah dan DIY ini akan dibangun pada tahun 2018 dan dioperasikan pada 2020 mendatang.

Jalan Tol Bawen - Yogyakarta Segera Dibangun
TRIBUNJOGJA.COM | Bramsto Adhy
Ilustrasi Jalan Tol 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Wacana pembangunan jalan Tol Bawen - Yogyakarta bakal diwujudkan dalam waktu dekat.

Jalan tol yang menghubungkan empat Kabupaten di Jawa Tengah dan DIY termasuk Kabupaten Magelang tersebut akan dibangun pada tahun 2018 ini dan dioperasikan pada 2020 mendatang.

Direktur Jalan dan Jembatan Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP), Indra Gautama, memastikan pembangunan jalan tol Bawen - Yogyakarta tersebut.

Dikatakannya, pembangunan Jalan Tol Bawean-Yogyakarta adalah satu dari sebanyak 37 proyek prioritas yang sedang dikerjakan oleh pemerintah.

"Satu dari beberapa proyek prioritas dari pemerintah adalah Jalan Tol Bawen - Yogyakarta. Kami pastikan pembangunan jalan tol tersebut, dan pembangunnya akan segera dikerjakan," ujar Indra, Senin (4/12/2017) dalam konsultasi publik Amdal pembangunan tol Bawen - Yogyakarta, di Rumah Makan Progosari, Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Dijelaskannya, Jalan tol Bawean - Yogyakarta membelah empat Kabupaten di Jawa Tengah dan DIY, tiga Kabupaten di Jawa Tengah yaitu Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung dan satu Kabupaten di DIY, yakni Kabupaten Sleman.

Ia menuturkan, rencana kegiatan pembangunan jalan tol sepanjang 77 kilometer tersebut meliputi sebanyak delapan kecamatan dan 44 Desa di Kabupaten Magelang.

Kecamatan yang terdampak yakni Kecamatan Ngluwar, Kecamatan Muntilan, Kecamatan Mungkid, Kecamatan Borobudur, Kecamatan Candimulyo, Kecamatan Tegalrejo, Kecamatan Secang, dan Kecamatan Grabag.

Konsultasi publik Analisis Masalah dan Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan Jalan Tol Bawen - Yogyakarta di rumah makan Progosari, Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Senin (4/12/2017).
Konsultasi publik Analisis Masalah dan Dampak Lingkungan (Amdal) pembangunan Jalan Tol Bawen - Yogyakarta di rumah makan Progosari, Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang, Senin (4/12/2017). (TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri K)

"Dari rencana awal, trase atau jalur jalan tol yang akan dikerjakan ini akan melalui sebanyak delapan kecamatan. Dari delapan kecamatan tersebut, meliputi 44 desa yang ada di Kabupaten Magelang yang terdampak pembangunan jalan tol," ujar Indra.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help