TribunJogja/

Manajemen Pastikan Samyang dan Shin Ramyun yang Dijual di Alfamart Aman untuk Dikonsumsi

Produk tersebut adalah beberapa jenis mi asal Korea yang disebut mengandung babi.

Manajemen Pastikan Samyang dan Shin Ramyun yang Dijual di Alfamart Aman untuk Dikonsumsi
(Kompas.com/David Oliver Purba)
BPOM menemukan empat produk mi instan asal Korea yang mengandung babi, Senin (19/6/2017) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan surat edaran perihal beberapa varian produk yang harus ditarik dari peredaran karena diduga mengandung babi.

Produk tersebut adalah beberapa jenis mi asal Korea yang disebut mengandung babi.

Menanggapi hal tersebut, manajemen Alfamart dan Alfamidi menyatakan bahwa semua produk yang dijual di toko-toko mereka telah mendapat izin dan sertifikasi resmi dari BPOM, sehingga aman dan layak dikonsumsi.

Corporate Communication GM PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart Alfamidi), Nur Rachman, melalui keterangan tertulisnya pada Tribun Jogja menjelaskan, bahwa produk dengan nama dagang mi instan asal korea "Samyang" dan "Nongshim" yang tertera di surat edaran penarikan dari BPOM tersebut telah mendapatkan izin resmi sehingga layak dikonsumsi.

Termasuk Samyang yang dijual di gerai Alfamart dan Alfamidi disuplai oleh PT Korinus, untuk Nongshim disuplai oleh PT Sukanda Jaya.

Sedangkan merujuk pada surat edaran BPOM, kedua produk yang wajib ditarik tersebut merupakan produk varian yang disuplai oleh PT Koin Bumi.

Pun begitu juga dengan variannya, Samyang yang dijual di toko-toko Alfamart Alfamidi ada 3 varian yakni Samyang Hot Chicken Ramen, Samyang Cheese, dan Samyang Hot Chicken Ramen Cup bukan varian U-Dong atau Kimchi yang tertera di surat penarikan BPOM.

Sedangkan untuk Nongshim, Alfamart Alfamidi menjual 2 varian yakni Nongshim Shin Ramyun Merah dan Nongshim Ramyun Merah Cup dan tidak menjual varian Ramyun Black yang juga tertera di surat penarikan BPOM.

Dengan kesimpulan bahwa varian produk Samyang atau Nongshim yang dijual di Alfamart Alfamidi tidak termasuk dalam daftar tarik edar dari BPOM.

Selain itu, Samyang yang merupakan produk dari Korea Selatan itu telah mendapat sertifikasi halal dari Korea Muslim Federation Halal Commitee (KMFHC).

"Kami pastikan semua produk yang dijual di toko-toko Alfamart Alfamidi sudah mendapat lisensi resmi BPOM, termasuk untuk produk yang ada di surat tarik edar BPOM, varian produk tersebut tidak dijual di toko-toko kami" ungkap Nur, Senin (19/6/2017).

Penulis: yud
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help