Guru Dituntut Siapkan Generasi Unggul Hadapi Tantangan MEA

Mereka dituntut dapat bertindak profesional sehingga mampu menjawab tantangan di era MEA.

TRIBUNJOGJA.COM - Kesiapan daerah menghadapi tantangan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN tidak akan lepas dari peran guru profesional. Hal itu diungkapkan guru besar UNY, Prof Suyanto PhD, saat mengisi seminar Nasional Entrepreneurship dan Profesionalitas Guru di Era MEA di kampus UNY Wates, Sabtu (2/5/2015).

Acara tersebut diikuti 400 orang dari kalangan guru, mahasiswa, dan dosen. Intinya, pemaparan dalam acara itu untuk membuka wawasan dan budaya entrepreneurship para pendidik. Mereka dituntut dapat bertindak profesional sehingga mampu menjawab tantangan di era MEA.

Menurut Prof Suyanto, para guru profesional menjadi pencetak sumber daya manusia yang akan berkiprah di tingkat nasional maupun internasional. Namun, saat ini muncul kekhawatiran datangnya pesaing tenaga profesional ASEAN di pasar tenaga kerja Indonesia.

"Peran guru tidak luput untuk mempersiapkan era ini karena sekarang daya saing di Indonesia masih rendah," katanya.

Selain itu, tingkat kewirausahaan dan kesiapan teknologi nasional terbilang masih jauh dibanding negara ASEAN lainnya. Maka, kini guru bukan lagi satu-satunya sumber belajar, melainkan pembelajaran harus mendorong peserta didik mengobservasi berbagai sumber.

"Sudah ada pergeseran paradigma pembelajaran. Para peserta didik tidak hanya mampu menyelesaikan masalah tapi juga harus mampu merumuskan masalah," katanya. Dengan demikian, pola pikir peserta didik nantinya harus analitis.

Wakil Rektor I UNY, Wardan Suyanto MA Ed D, mengakui bahwa persiapan era MEA tidak bisa dielakkan. Pasalnya, era keterbukaan Masyarakat Ekonomi ASEAN pasti akan dirasakan semua Negara ASEAN.

"Kalau negara siap dengan membekali SDM di dalamnya dengan ketrampilan dan mental, maka akan siap pula untuk bersaing," lanjutnya. (*)

Tags
Guru
Penulis: ose
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved