Nasrullah Contoh Enterpreneur UIN Beromzet Miliaran

Anggapan bahwa berwirausaha akan mengganggu kegiatan kuliah tidak sepenuhnya benar.

YOGYA, TRIBUN - Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. Musa Asy’arie mengatakan, kerja keras kampus UIN Sunan Kalijaga dalam membekali keahlian enterpreneur bagi mahasiswa ternyata membuahkan hasil. Saat ini semakin banyak  mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang kuliah sambil berwirausaha, seperti usaha fotokopi, laundry, cafe, warung angkringan dan sebagainya. 
Dan ternyata anggapan bahwa berwirausaha akan mengganggu kegiatan kuliah atau bahkan menurunkan prestasi akademik tidak sepenuhnya benar. Sebaliknya, banyak mahasiswa UIN yang mampu meraih prestasi akademik bagus, sekaligus sukses berwirausaha. Baru-baru ini, ada mahasiswa UIN Sunan Kalijaga yang berasal dari Kendal bernama Nasrullah, yang sukses merintis usaha Kendal Agro Atsiri, yang bergerak dibidang penyulingan minyak atsiri dari daun cengkeh. 
"Usaha yang dirintis Nasrullah sejak tahun 2010 itu kini telah memiliki omset miliaran dengan area pemasaran sampai ke Swiss dan Jerman. Dengan usahanya itu, Nasrullah tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan hidup diri dan keluarganya. Tetapi mampu membantu penghidupan ratusan warga di tempat tinggalnya, Desa Ngargosari, Sukorejo, Kendal, Jawa Tengah.  Tanggal 17 Januari 2013  lalu, Nasrullah mendapat penghargaan sebagai pemenang Wirausaha Muda Mandiri 2012 dari Bank Mandiri. Penghargaan diberikan oleh Wakil Presiden, Boediono didampingi Menteri Pemuda dan Olah Raga, Roy Suryo, di Jakarta Convention Center," kata Pembantu Rektor II UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr.Nizar Ali, selesai mewisuda sejumlah 703 sarjana baru, pada Rapat Senat terbuka Wisuda Sarjana Periode II UIN Sunan Kalijaga, Tahun Akademik 2012-2013, di kampus setempat, kemarin.
Dr Nizar mewakili Rektor UIN Sunan Kalijaga, yang kali ini tidak bisa mewisuda, karena bersamaan dengan kunjungan budaya ke Arab Saudi. Pada wisuda kali ini, UIN Sunan Kalijaga mewisuda sejumlah 703 orang sarjana. Ke-703 wisudawan-wisudawati tersebut terdiri dari 650 orang lulus Sarjana (S1), 48 orang lulus Magister (S2), 5 orang lulus Doktor (S3).  Dengan demikian sampai pelaksanaan wisuda kali ini, jumlah lulusan atau alumni UIN Sunan Kalijaga sudah mencapai 40.122 orang alumni. 358 orang diantaranya  bergelar Doktor dan 2.436 orang bergelar Magister. 
Sejumlah 178 orang berhasil meraih predikat Cumlaude dan  8 orang berhasil meraih predikat lulus terbaik dan tercepat. Ke-delapan lulusan terbaik dan tercepat tersebut adalah: Nurul Istifaiyah dari Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya  dengan IPK 3,75, Astutik Indrawati dari Prodi Ilmu Kesejahteraan Sosial, Fakultas Dakwah, dengan IPK 3,64, Bagus Anwar Hidayatulloh dari Prodi Ilmu Hukum, Fakultas Syari’ah dan Hukum, dengan IPK 3,83, Rifqi Aulia Rahman, dari Prodi Pendidikan bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dengan IPK 3,85, Munirah, dari Prodi Tafsir-Hadits, Fakultas Ushuluddin Studi Agama dan pemikiran Islam, dengan IPK 3,89, Rischan Mafrur dari Prodi Teknik Informatika, Fakultas Saintek dengan IPK 3,74, Anggi Crestamia, dari Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Sosial dan Humaniora, dengan IPK 3,61.
Lebih lanjut dalam sambutannya Dr Nizar berharap agar fresh graduate UIN Sunan Kalijaga  mantap menetapkan 1 diantara 3 pilihan. Pertama, melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Kedua, terjun ke dunia kerja profesional berbekal soft-skill (keahlian keilmuan di bidangnya, kepiawaian berbahasa Arab dan Inggris, teknologi informasi dan komunikasi dan kepercayaan diri yang tinggi), atau pilihan yang ketiga, memantapkan diri terjun ke dunia enterpreneur merintis menjadi pengusaha-pengusaha muda mandiri, sehingga ke depan, akan banyak Nasrullah yang terlahir dari kampus Islam UIN Sunan Kalijaga.
  "Untuk pilihan yang ketiga ini, UIN Sunan Kalijaga bertekad, akan  terus membangun budaya enterpreneur melalui berbagai kegiatan enterpreneurship di kampus yang diselenggarakan oleh pusat-pusat studi, maupun aliansi mahasiswa lewat unit-unit kegiatan mahasiswa," kata Dr Nizar. (*)
          
Penulis: baskoro
Editor: baskoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved