Kuliner Jogja

BEGINI Cara Cek Durian Sudah Matang atau Belum, Biar Tidak Zonk Saat Dibuka

Musim durian di Indonesia mulai datang. Di Yogyakarta, Anda bisa menemukan tempat jual durian di setiap kabupaten. Ada yang berupa olahan, ada juga ya

FELDAVOICE
Durian Musang King malaysia 

TRIBUNJOGJA.COM - Musim durian di Indonesia mulai datang. Di Yogyakarta, Anda bisa menemukan tempat jual durian di setiap kabupaten.

Ada yang berupa olahan, ada juga yang masih berupa buah.

Nah, bagi Anda yang tergoda untuk membeli buah durian, pastikan Anda beli yang legit ya.

Memilih durian yang legit dan banyak daging memang bukan hal mudah.

Apalagi harga durian tergolong lebih mahal jika dibanding buah jenis lain, semakin 'deg-degan' saat memilih buah durian.

Baca juga: REKOMENDASI 4 Tempat Makan Durian di Yogya dan Sekitarnya, Enak dan Sepoi-sepoi seperti di Surga

Alhasil banyak orang memilih memakan buah durian di tempat penjual.

Sebab, banyak penjaja durian yang memberi garansi pada pembeli. Apabila durian tidak enak tau tidak matang, boleh menukarkan durian dengan yang enak.

Masalah terjadi jika harus memilih buah durian untuk dibawa pulang, tak ada jaminan apakah durian yang dibawa sudah matang, legit, dan berdaging tebal.

1. Pilih buah yang bulat

Buah durian yang bulat sempurna menunjukkan kecenderungan memiliki edible portion atau porsi daging yang lebih banyak dibanding buah yang berbentuk lonjong.

Jangan pilih buah durian yang berbentuk aneh, seperti sedikit bengkok di beberapa sisi sehingga bentuknya tidak sempurna.

“Kalau bentuk durian yang bulat berarti dagingnya lebih banyak. Makin panjang cenderung porsi lebih sedikit. ” jelas Reza di Bogor, pada tahun 2020

Reza menjelaskan, jika durian berbentuk lonjong atau panjang, maka kulit durian memakan tempat lebih banyak sehingga tempat buat daging durian jadi lebih kecil.

Total ada lima juring (ruang) pada durian.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved