Pemkab Magelang Gelar Bimtek Pengelolaan Pajak Daerah untuk Tingkatkan Kemampuan Kinerja ASN

Peran Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal yang penting untuk ditingkatkan, lebih-lebih seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat.

TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kabupaten Magelang 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magelang menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan pajak daerah untuk mendorong pada ASN memiliki kemampuan dalam meningkatkan kinerja organisasi secara professional.

Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang, Adi Waryanto  mengatakan pembangunan di Kabupaten Magelang hingga saat ini masih terus dilakukan.

Peran Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi hal yang penting untuk ditingkatkan, lebih-lebih seiring dengan perkembangan teknologi yang kian pesat.

"Salah  satu upaya pengembangan kompetensi bagi SDM Aparatur Pemerintah di Kabupaten Magelang yaitu melalui Bimtek dalam mengelola pajak daerah ini,"ujarnya pada Kamis (19/01/2023)

Menurutnya, bimbingan teknis ini juga merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan DIY, dalam upaya Peningkatan Potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari Pajak Daerah yang belum optimal.

Selaras dengan rekomendasi tersebut, Pemkab Magelang pada Tahun 2022 kemarin telah melakukan pengiriman sebanyak dua orang Pegawai Negeri Sipil untuk mengikuti Pelatihan Pemeriksaan Pajak Daerah sekaligus mengikuti Pelatihan Penilaian PBB P2 Multi Pemda di Politeknik Keuangan Negeri STAN.

Untuk diketahui, pada tahun 2023 ini, Pemkab Magelang bekerja sama dengan Badan Diklat Keuangan Yogyakarta selama tiga hari akan menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Pajak Daerah yang diikuti oleh 25 Pegawai Negeri Sipil dari Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Magelang.

"Melalui Bimbingan Teknis ini, diharapkan bagi segenap para peserta, di dalam pengelolaan pajak daerah akan mampu menghadapi sekaligus menjawab berbagai persoalan atau tantangan, sehingga pada akhirnya nanti Bimbingan Teknis ini akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Magelang,"terangnya.

Sementara, Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Manusia pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Magelang, Sri Wahyuningsih menyampaikan tujuan diadakannya Bimbingan Teknis Pengelolaan Pajak Daerah untuk meningkatkan kompetensi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang khususnya pada Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) dalam pengelolaan Pajak Daerah.

"Materi yang akan disampaikan meliputi pemeriksaan pajak daerah, kemudian penilaian pajak daerah dan penagihan pajak daerah,"urainya. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved