Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Sudah Disaksikan 288.108 Penonton, Film Qorin Angkat Narasi Mistis yang Dekat dengan Budaya

Tayang perdana di bioskop-bioskop Tanah Air sejak 1 Desember 2022 lalu, "Qorin" sudah disaksikan lebih dari 288.108 penonton hingga Minggu (4/12/2022)

Penulis: Taufiq Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Pemeran film Qorin saat roadshow dan menyapa masyarakat di Pendopo Lawas, Alun-alun Utara Kota Yogyakarta, Minggu (4/12/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM - Setelah berhasil dengan film horor pertamanya, "Inang", karya Fajar Nugros, IDN Pictures kembali dengan film berjudul "Qorin" yang disutradarai oleh Ginanti Rona dan ditulis skenarionya oleh Laila Nurazizah.

Tayang perdana di bioskop-bioskop Tanah Air sejak 1 Desember 2022 lalu, "Qorin" sudah disaksikan lebih dari 288.108 penonton hingga Minggu (4/12/2022).

Film Qorin menghadirkan elemen-elemen horor yang segar, bahkan dari lagu permainan anak-anak yang dalam film ini digubah nuansanya menjadi menakutkan dan mistis.

Narasi mistis yang dekat dengan budaya masyarakat sepertinya masih menjadi formulasi yang menarik dalam genre horor Indonesia.

Tak melulu mencekam, film "Qorin" juga akan mengangkat nilai-nilai kebaikan dan persahabatan yang disampaikan melalui peran para pemain yang ada di dalamnya.

Baca juga: Cerita Para Aktor Film Panduan Mempersiapkan Perpisahan dalam Membangun Chemistry

Ginanti Rona sebagai Sutradara mengungkapkan, “Film “Qorin” ini adalah film horror bertema religi yang pertama kali saya garap.

"Tema qorin yang diangkat dalam film horor ini sangat menarik, karena setiap manusia memiliki sisi gelapnya. Dan qorin adalah bentuk manifestasi sisi gelap manusia dalam bentuk “kembaran” yang muncul dan kemudian meneror manusia," ujar Ginanti kepada awak media di Pendopo Lawas, Alun-alun Utara, Kota Yogyakarta, Minggu (4/12/2022) malam.

"Namun yang pasti kami sangat berterimakasih dengan seluruh masyarakat yang mengapresiasi film ini," tambah dia.

Sebelum menyutradarai film “Qorin”, Ginanti Rona dikenal sebagai Asisten Sutradara Timo Tjahjanto dan pernah menjadi Asisten Sutradara sejumlah film ternama Indonesia seperti “Rumah Dara” dan “The Raid”.

Film “Qorin” menceritakan kisah Zahra Qurotun Aini, seorang siswi di asrama putri.

Sudah hampir 6 tahun tinggal di asrama khusus putri, Zahra selalu menjadi siswi teladan yang memiliki segudang prestasi di sekolah.

Zahra pun menjadi ambisius dan rela menuruti apapun perintah Ustad Jaelani, gurunya, demi mendapatkan nilai tinggi, termasuk menerima tugas untuk menjaga seorang siswi baru yang terkenal nakal bernama Yolanda dan mengajak para siswi melakukan ritual Qorin.

Zahra tidak menyangka setelah menjalani kedua tugas itu, ia mulai mendapatkan teror dan sering mengalami hal-hal mistis di asrama putri.

Kejanggalan tak hanya dialami oleh Zahra karena Umi Hana, istri Ustad Jaelani, pun menemukan keanehan-keanehan pada gelagat dan benda-benda yang disimpan oleh suaminya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved