Paguyuban Petelur Nasional Sumbang 550 Kilogram Telur Ayam untuk Bantu Tekan Stunting di Magelang

Bantuan tersebut diterima secara langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin di Rumah Dinas Bupati Magelang, Selasa (29/11/2022).

Dok.Humas Pemkab Magelang
Pemberian telur ayam ras secara simbolis dari perwakilan paguyuban kepada Bupati Magelang, di Rumah Dinas Bupati Magelang, Selasa (29/11/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Paguyuban Pinsar Petelur Nasional (PPN) Magelang memberikan bantuan sebanyak 550 kilogram telur ayam ras untuk membantu Pemerintah Kabupaten Magelang dalam mempercepat penurunan angka stunting di wilayah setempat. 

Bantuan tersebut diterima secara langsung oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin di Rumah Dinas Bupati Magelang, Selasa (29/11/2022).

Ketua Pinsar Petelur Nasional (PPN) Magelang, Iriyadi, mengutarakan bahwa pihaknya mencermati dan menyikapi angka stunting di Kabupaten Magelang yang cukup tinggi, yaitu mencapai 2.886 anak.

Oleh karena itu paguyuban para peternak ingin berpartisipasi dalam mempercepat penurunan angka stunting, dengan memberikan bantuan berupa telur ayam ras.

"Hari ini kita bisa mengumpulkan sekitar 550 Kg setara dengan 8.800 butir telur yang akan kami serahkan kepada Bapak Bupati Magelang, yang selanjutnya akan didistribusikan kepada anak-anak stunting yang tersebar di 50 desa di Kabupaten Magelang," beber, Iriyadi.

Menurutnya, telur ayam ras merupakan sumber protein hewani yang sangat murah, efektif dan efisien untuk penanganan stunting

Dengan program makan dua butir telur sehari selama 100 hari, maka anak bisa terbebas dari stunting.

"Harapannya, gerakan yang telah dilakukan oleh paguyuban PPN Magelang ini dapat memotivasi paguyuban peternak yang lainnya seperti asosiasi peternakan sapi perah, peternak itik, dan pembudidaya ikan,"ungkapnya.

Untuk diketahui, sebelumnya paguyuban peternak PPN Magelang ini juga pernah memberikan bantuan yang sama kepada para Tenaga Kesehatan (Nakes) utamanya, untuk memenuhi kebutuhan gizi para Nakes yang merupakan garda terdepan dalam menanggulangi Covid-19.

Sementara, Bupati Magelang Zaenal Arifin dalam hal ini menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada segenap anggota Paguyuban PPN Magelang yang terus bersama-sama dengan Pemerintah Daerah dalam upaya mempercepat penurunan angka stunting.

Menurutnya, pemerintah tidak bisa sendirian menyelesaikan semua urusan, maka membutuhkan kebersamaan dari seluruh lini, termasuk persoalan stunting.

"Persoalan stunting ini memang luar biasa pelik. Jadi persoalan stunting itu sudah harus diurusi mulai sejak sebelum menikah," kata, Zaenal.

Zaenal mengatakan, anak stunting memang memerlukan gizi khusus yang nilai gizinya lebih dari anak seusianya.

Maka bantuan ini akan sangat membantu dan bermanfaat untuk menekan angka Stunting di Kabupaten Magelang

"Apalagi kita tahu bahwa anak-anak ini ke depannya tantangannya akan jauh lebih berat," pungkas, Zaenal. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved