Berita Kriminal

FAKTA BARU Penyebab Kematian Keluarga di Kalideres Mulai Terkuak, Olah TKP Libatkan 4 Tim Ahli

Ada peran digital forensik dalam Olah TKP di rumah keluarga yang tewas secara misterius di Kalideres itu. Penyidik temukan fakta baru petunjuk motif

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
KOMPAS.COM/ZINTAN PRIHATINI
Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Hengky Haryadi di rumah tewasnya satu keluarga misterius di Kalideres, Jakarta Barat pada Rabu (16/11/2022). 

Olah TKP di rumah keluarga yang tewas secara misterius di Kalideres libatkan ahli di bidang medical forensik kolegal, ahli di bidang patologi anatomi, ahli toksikologi, dan ahli DNA, bersama Inafis, Puslabfor Bareskrim dan kedokteran forensik hingga Apfisor.

TRIBUNJOGJA.COM - Fakta baru penyebab dan motif kematian keluarga di perumahan di Kalideres mulai terkuak setelah jajaran Ditreskrimum Polda Metro Jaya melakukan olah TKP melibatkan setidaknya empat bidang ahli. 

Ada peran digital forensik dalam Olah TKP di rumah keluarga yang tewas secara misterius di Kalideres itu.

"Kami libatkan tim digital forensik, dan ternyata ini kami memperoleh beberapa kemajuan atau titik terang dari penyelidikan ini," jelas Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Hengky Haryadi kepada wartawan di TKP, Rabu (16/11/2022).

Ahli berbagai bidang

Rumah yang menjadi tempat satu keluarga tewas di Kalideres Jakarta
Rumah yang menjadi tempat satu keluarga tewas di Kalideres Jakarta (Tribunnews)

Baca juga: MATI Kelaparan Itu Susah Sekali! Ini ANALISA Kriminolog Soal Penyebab Kematian Keluarga di Kalideres

Olah TKP itu dilakukan penyidik bersama Indonesia Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polri, Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri, kedokteran forensik, hingga Asosiasi Psikologi Forensik (Apfisor).

Selain itu, tim ahli berbagai bidang juga turut diterjunkan, yaitu ahli di bidang medical forensik kolegal, ahli di bidang patologi anatomi, ahli toksikologi, dan ahli DNA.

Hasilnya, fakta baru dan titik terang terkuak, yaitu mengenai motif kematian keluarga yang tewas secara misterius di rumah Kalideres tersebut. 

Kombes (Pol) Hengky Haryadi pun menyatakan hasil dari olah TKP ini merupakan kemajuan dan titik terang yang akan segera didalami untuk membuat kesimpulan.  

"Salah satunya terkait motif. Kami bisa patahkan beberapa motif. Kami masih perlu pendalaman lagi," kata Kombes Hengky.

Banyak temuan baru

Ketika dikonfirmasi lanjut soal motif yang dipatahkan itu, Kombes Hengky belum mau berbicara lebih banyak.

"Nanti itu kesimpulan akhir lah. Tidak boleh disampaikan sekarang. Artinya banyak sekali temuan dari pada metode penyelidikan yang kami laksanakan".

Menurutnya, setelah olah TKP di rumah keluarga yang tewas misterius itu, tim psikologi forensik akan mempelajari secara komperhensif terkait temuan pada empat jenazah tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved