Berita Kulon Progo Hari Ini

RSUD Wates Dijadikan RS Rujukan Antara bagi Pasien Gagal Ginjal Akut di Kulon Progo

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates kini dijadikan sebagai Rumah Sakit (RS) Rujukan Antara bagi pasien yang mengidap gagal ginjal akut di Kabupaten

TRIBUNJOGJA.COM / Sri Cahyani Putri Purwaningsih
Suasana halaman depan RSUD Wates, Kabupaten Kulon Progo. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wates kini dijadikan sebagai Rumah Sakit (RS) Rujukan Antara bagi pasien yang mengidap gagal ginjal akut di Kabupaten Kulon Progo. 

"Saat ini RSUD Wates ditunjuk sebagai RS Rujukan Antara untuk merawat anak yang diduga menderita gagal ginjal akut sesuai kriteria yang telah disampaikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes)," kata Sri Budi Utami, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulon Progo, Selasa (1/11/2022).

Dengan begitu, maka RSUD Wates menjadi satu-satunya sebagai rs rujukan antara di wilayah paling barat DIY. 

Baca juga: Lestarikan Sastra Jawa, Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta Memproduksi Film Gegaraning Akrami

Di RSUD Wates, tim medis akan dilakukan perawatan dan observasi. Sedangkan, bila terjadi penurunan kondisi maka pasien akan dirujuk ke RSUP dr Sardjito sebagai pusat rujukan DIY dan nasional, dengan kemampuan pelayanan Nefrologi Anak (Ginjal Anak). 

Sri Budi menyampaikan penunjukan RSUD Wates sebagai rs rujukan antara ginjal akut karena telah dilengkapi berbagai sarana pendukung.

Di antaranya pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IGD), Pelayanan Poliklinik Anak, Rawat Inap Anak, Pelayanan PICU (Pediatric Intensive Care Unit / ICU anak) dan NICU (Neonatal Intensive Care Unit/ ICU Bayi). 

"Juga sumber daya manusia (SDM) seperti dokter spesialis anak, dokter umum, perawat, bidan, analis Laborat, apoteker, ahli Gizi, Ahli radiologi, Sanitarian, dan tenaga lainnya. Serta sarana prasarana (sarpras) dan alkes penunjang lainnya memadahi," ucapnya. 

Baca juga: Pernikahan Kaesang dan Erina, Bila Digelar di Pendopo Royal Ambarrukmo Maka Wajib Pakai Adat Jawa

Direktur Utama RSUD Wates, Eko Budiarto membenarkan hal tersebut. 

"Jadi karena kami RS Rujukan tertinggi di Kulon Progo penanganan ( gagal ginjal akut ) awal dibawa ke RSUD Wates dulu," ucapnya. (scp) 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved