5 Tragedi Sepakbola Paling yang Memilukan di Dunia, Tewaskan Ratusan Orang, Tragedi Kanjuruhan No 2

Insiden mematikan itu terjadi pada Sabtu 1 Oktober 2022 usai pertandingan sepak bola antara Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Ikrob Didik Irawan
Surya Malang/Purwanto
Rusuh Penonton Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan 

TRIBUNJOGJA.COM - Insiden mematikan itu terjadi pada Sabtu 1 Oktober 2022 usai pertandingan sepak bola antara Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang.

Sedikitnya 127 orang tewas dalam kecelakaan ini dan kemungkinan bisa bertambah.

Inilah alasan Indonesia menjadi urutan kedua dalam tragedi terbesar sepakbola.

Peristiwa ini langsung menjadi pusat perhatian dunia dan karena banyaknya korban, diperkirakan sebagai salah satu peristiwa tergelap dalam sejarah sepak bola dunia.

Ternyata, bersama dengan Indonesia, tragedi memilukan di dunia sepakbola juga terjadi di dunia.

Berikut 5 Tragedi terbesar sepak bola :

 

1. Stadion Nacional, Peru

Tempat pertama pertandingan sepak bola paling berdarah dalam sejarah adalah Estadio Nacional de Lima, Peru, dengan total 328 korban, tragedi ini terjadi pada 24 Mei 1964.

2. Sadion Kanjuruhan, Indonesia

KESAKSIAN Penonton Arema vs Persebaya yang Lolos dari Tragedi Tewaskan 127 Orang di Stadion Kanjuruhan
KESAKSIAN Penonton Arema vs Persebaya yang Lolos dari Tragedi Tewaskan 127 Orang di Stadion Kanjuruhan (Surya Malang/Purwanto)

Tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan menempati urutan ketiga sebagai pertandingan paling berdarah dalam sejarah sepak bola dunia dengan total 131 korban yang meninggal terjadi pada 1 Oktober 2022.

3. Stadion Olahraga Accra, Ghana

Pertandingan sepak bola paling mematikan kedua dalam sejarah adalah tragedi di Stadion Olahraga Accra, di Accra, Ghana pada 9 Mei 2001, dengan total 126 korban.

4. Hillsborough, Inggris

Tragedi Hillsborough menempati urutan keempat sebagai sepak bola paling mematikan permainan dalam sejarah. Sebanyak 96 orang tewas dalam insiden yang terjadi pada 15 April 1989 di Hillsborough, Sheffield, Inggris.

5. Hujan es di Kathmandu, Nepal

Pertandingan sepak bola paling mematikan berikutnya adalah tragedi hujan es di Kathmandu, Nepal. Insiden yang menewaskan 93 orang itu terjadi pada 12 Maret 1988 dan menempatkan Kathmandu Hailstorm dalam daftar 5 teratas.

Inilah 5 tragedi sepak bola terbesar di dunia. Semoga bisa menjadi pelajaran bagi kedepannnya untuk dunia sepak bola. (MG MUHAMMAD ASROF FAHRURROZI)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved