Berita Sleman Hari Ini

Sandiaga Uno Kunjungi Lokasi Glamping Baru di Jogja

Hadirnya Arkamaya Glamping dinilai akan menjadi ekosistem pendukung gelaran ATF disamping adanya desa-desa wisata dan UMKM.

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Ahmad Syarifudin
Menparekraf Sandiaga Uno mengunjungi Arkamaya Sembung Resto dan Glamping, di Balecatur, Gamping, Kabupaten Sleman, Sabtu (1/10/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Arkamaya Sembung Resto dan Glamping, yang berada di Balecatur, Gamping, Kabupaten Sleman , Sabtu (1/10/2022).

Dalam kunjungan itu, Sandi sempat berkeliling dan melihat fasilitas yang ditawarkan.

Ia mengaku terkesan dengan inovasi dari layanan akomodasi kekinian yang tumbuh di pinggiran Yogyakarta menjelang ASEAN Tourism Forum (ATF) yang rencananya digelar pada Februari 2023. 

"Saya sangat terkesan dengan inovasi dari layanan akomodasi kekinian yang ditawarkan Arkamaya. Saya begitu mendapatkan informasi, dan saya katakan langsung ingin kunjungi, karena kami sedang menyiapkan kesiapan Yogyakarta menuju ATF, ASEAN Tourism Forum yang akan kami lakukan di bulan Februari," kata Sandi.

Baca juga: Sandiaga Uno Siap Dukung Kustomfest untuk Tingkatkan Peluang Usaha Industri Kreatif

Menurut dia, hadirnya Arkamaya Glamping, destinasi yang dirancang dengan pendekatan berbasis keberlanjutan lingkungan, akan menjadi ekosistem pendukung gelaran ATF disamping adanya desa-desa wisata dan UMKM.

Sandi mengatakan, forum internasional yang akan dipusatkan di Borobudur, Prambanan dan JEC (Jogja Expo Center) tersebut jika dilihat dari perhelatan, skala besarannya sama seperti G20 maupun The World Conference On Creative. 

Nantinya, Forum tersebut mengundang Menteri-Menteri Pariwisata dan juga kemungkinan perwakilan dari kementerian lainnya ditingkat ASEAN dan negara sahabat berkunjung ke Yogyakarta.

Sebab itu, Sandi ingin memastikan gelaran ATF dipersiapkan dengan matang.

Agar bisa menghasilkan pengalaman dan kenangan luar biasa bagi para traveling experience (Travek). 

"Akan ada juga travek satu tempat expo untuk para pelaku wisata dan ekonomi kreatif yang nanti akan menjadi salah satu daya tarik untuk membangkitkan kembali (Pariwisata) dan peluang lapangan kerja. Saya ucapkan selamat pada Arkamaya, ini sangat layak untuk kita tingkatkan kesiapannya, ada di kebangkitan ini," ujar dia. 

Arkamaya Sembung Resto dan Glamping ini dibangun di atas tanah seluas 5 hektar.

Ada beragam fasilitas di dalamnya. Meliputi, Glamping (Glamour Camping) dengan view sunrise.

Resto dengan nuansa alam.

Baca juga: PWM DIY Gelar Muhammadiyah Jogja Expo#2 di Kampus UAD, Dibuka Sandiaga Uno

Kemudian ada spot foto dengan desain kapal.

Ada juga area satwa.

Ke depan, akan terus dikembangkan dengan menambah spot Joging track dan fasilitas meeting. 

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid menyambut baik kehadiran destinasi baru, Arkamaya Sembung, yang menawarkan penginapan kekinian dengan Glamour Camping di Sleman .

Terlebih, destinasi kekinian ini dekat dengan alam. 

"Ini menjadi contoh pengembangan destinasi pariwisata berkelanjutan. Apalagi tadi ada juga pemberdayaan UMKM. Ini yang perlu diapresiasi. Berbasis alam.  Tebang satu pohon, tanam lima pohon. Artinya pengembangan pariwisata jangan sampai merusak alam," ujar dia.( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved