Berita Kota Magelang Hari Ini

Pemkot Magelang Dorong Produk UMKM Bisa Tembus Pasar Internasional

Pelatihan ini bertujuan agar pelaku UMKM di Kota Magelang dapat memberikan kualitas yang terbaik bagi konsumennya.

Dok.Humas Pemkot Magelang
Program pelatihan yang diselenggarakan Pemkot Magelang untuk UMKM di wilayahnya, pada Selasa (27/09/2022) kemarin 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kota (Pemkot) mendorong para pelaku UMKM untuk memiliki produk yang  berkualitas dan bernilai jual tinggi.

Apalagi, saat ini sudah banyak industri kecil  terutama makanan di Kota Magelang yang berkualitas namun tetap harus didukung dengan standar pangan yang dipersyaratkan.

Bahkan, untuk merealisasikan hal tersebut Pemkot Magelang menggandeng  Hazard Analysis Critical Control Points (HACCP) untuk memberikan  ilmunya lewat pelatihan kepada UMKM Kota Magelang.

Wali Kota Magelang, dr Muchamad Nur Aziz mengatakan, adanya pelatihan ini bertujuan agar pelaku UMKM di Kota Magelang dapat memberikan kualitas yang terbaik bagi konsumennya.

"Setiap produk harus ada standar mutunya sesuai yang ditetapkan. Selain mutu, permasalahan untuk UMKM juga pada pemasaran. Nanti harus ada festival, agar mutunya bisa dinilai,"tuturnya, Rabu (28/09/2022).

Tak hanya itu, pihaknya juga optimistis produk Kota Magelang bisa dipasarkan lebih luas lagi dengan mengembangkan digital marketing .

Apalagi, Kota Magelang sudah memiliki program unggulan Kelurahan entrepreneurship center (Magelang Keren).

"Magelang ini kota kecil, sehingga mutu dari makanan disini harus dijaga. Jangan berpikir pasarnya hanya dari Kota Magelang, tapi berpikir pasarnya di luar Kota Magelang. Karena penduduk kita hanya 127.400 jiwa," paparnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, Syaifullah, mengungkapkan dengan berbagai fasilitas yang ada diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang manajemen mutu yang dipersyaratkan agar bisa menembus pasaran yang lebih luas, terlebih pasar ekspor.

"Pengetahuan tentang HACCP ini meliputi pengenalan prinsip-prinsip produksi yang memenuhi syarat keamanan proses produksi di setiap tahapannya, hingga tersaji di hadapan konsumen sebagai produk yang aman untuk dikonsumsi," jelas Syaifullah. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved