Berita Purworejo

Purworejo Akan Miliki Layanan Gawat Darurat Terpadu 112 

Dalam hitungan hari, Kabupaten Purworejo akan memiliki layanan terpadu kegawat-daruratan melalui satu nomor, yakni Layanan 112. Konsep layanan tersebu

Penulis: Dewi Rukmini | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/Dewi Rukmini
Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Dinkominfostasan) Kabupaten Purworejo, Yudhie Agung, usai menjelaskan rencana peluncuran Layanan 112 kepada wartawan, Selasa (27/9/2022). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Dewi Rukmini

TRIBUNJOGJA.COM, PURWOREJO - Dalam hitungan hari, Kabupaten Purworejo akan memiliki layanan terpadu kegawat-daruratan melalui satu nomor, yakni Layanan 112.

Konsep layanan tersebut mirip dengan layanan 911 yang dimiliki Amerika Serikat.

Kabid Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Diskominstasandi) Kabupaten Purworejo, Yudhie Agung, mengatakan, layanan itu akan menjadi nomor tunggal yang dapat diakses secara gratis melalui ponsel maupun telepon rumah.

Baca juga: Konser Budaya di Candi Borobudur Jadi Sarana Edukasi Kekayaan Nusantara

"Lewat nomor ini, pemerintah memberikan fasilitas kepada warga untuk dapat meminta bantuan atau mengabarkan informasi terkait kegawat-daruratan tanpa dikenai biaya telepon," jelasnya kepada wartawan, Selasa (27/9/2022).

Tujuannya, imbuh Yudhie, agar memudahkan masyarakat dalam mengakses serta mendapatkan pelayanan gawat darurat secara cepat.

Pihaknya, menyebutkan telah bekerja sama dengan instansi terkait, semisal BPBD yang menangani bencana banjir, pohon tumbang, atau tanah longsor.

Kemudian, Satpol PP dan Damkar untuk pelayanan kebakaran di seluruh Kabupaten Purworejo.

Lalu, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Purworejo dalam menyiapkan pelayanan ambulan untuk pasien kritis dan butuh pertolongan.

Serta Kepolisian Resor (Polres) Purworejo jika ada tindak kerusuhan, kecelakaan, ataupun gangguan keamanan lainnya. 

Baca juga: Kustomfest 2022 Akan Dimeriahkan Oleh Beberapa Guest Star 

Meskipun gratis dan mudah diakses, Yudhie berharap masyarakat tidak iseng menghubungi Layanan 112. Sebab, jika layanan tersebut dijadikan sarana untuk ngeprank, maka akan ada tindak lanjut serius.

"Peresmian Layanan 112 akan diselenggarakan Selasa (4/10/2022), mulai pukul 09.00 WIB di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo," tutupnya. (drm)
 

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved