Music Zone

Fayrush, Solois Pria Asal Yogyakarta Bicara Pandemi Lewat Single Terbaru 'Seberapa Jauh'

Single 'Seberapa Jauh' terasa lebih simpel dibanding karya-karya sebelumnya, namun tetap catchy seperti lagu-lagu khas Fayrush lainnya.

Penulis: Hanif Suryo | Editor: Muhammad Fatoni
dok.istimewa
Solois pria asal Yogyakarta, Fayrush. 

TRIBUNJOGJA.COM - Solois pria asal Yogyakarta, Fayrush menunjukkan produktivitasnya dengan mengeluarkan karya baru pada September 2022 ini.

Adala single bertajuk 'Seberapa Jauh', yang jadi karya teranyar Fayrush setelah sebelumnya mengeluarkan satu album penuh dan tiga single berturut-turut sejak 2018.

Single 'Seberapa Jauh' terasa lebih simpel dibanding karya-karya sebelumnya, namun tetap catchy seperti lagu-lagu khas Fayrush lainnya.

"Lagu ‘Seberapa Jauh’ ini lebih enerjik dan lebih dominan isian synth popnya. Secara durasi ini juga jadi lagu terpendekku," terang Fayrush.

Dipaparkannya lebih lanjut, tema liriknya juga berbeda dengan lagu-lagu sebelumnya yang mayoritas membawa cerita asmara.

Sebab, single 'Seberapa Jauh' justru menceritakan soal pandemi dan jarak, sehingga lebih universal.

Lagu ini memang diciptakan Fayrush ketika masih genting-gentingnya pandemi menyerang sebagian besar orang, sehingga membuat semua jadi berjarak dengan orang-orang tercinta, baik teman, sahabat, bahkan keluarga.

"Tema dalam ‘Seberapa Jauh’ ini sebagian besar adalah doa agar pandemi segera berakhir, sehingga kita segera bertemu dengan orang yang kita cintai untuk berbagi kebahagiaan bersama-sama lagi," kata pria yang sehari-hari akrab disapa Fai ini.

Mengenai proses pembuatannya, lagu ‘Seberapa Jauh’ ini dipercayakan oleh Vicky Unggul (additional keyboardis Sheila On 7) sebagai music arranger sekaligus pengisi segala isian keyboard dan synthesiser.

Selain itu di departemen drum mempercayakan Reno Ferthano (Dharma), Doan Astrian pada bass (Jendela), dan Safira Septa (Titik Dua Tiga) sebagai suara latar.

Lagu ‘Seberapa Jauh’ ini dirilis dalam format digital dan telah mengudara pada Minggu 18 September 2022 di seluruh  gerai-gerai musik digital yang ada.

"Untuk video lirik beserta dan video klip rencananya juga akan tetap ada di YouTube. Tunggu saja," tambah Fayrush.

Sekadar diketahui, Fayrush awalnya merupakan grup band yang dibentuk pada 2011. Beranggotakan Fai (vokal), Aji Evanon (gitar), Daniel Wicaksono (bass), dan Didan Bahana (drum), mereka menyuguhkan musik yang bisa diterima kalangan remaja, yakni pop yang diklaim mereka sendiri sebagai genre pop kreatif.

‘Pengendara Asmara’ jadi album perdana Fayrush yang dirilis pada 2018 dengan berisikan 10 lagu dengan hits single ‘KAMU’.

Kemudian pada 2020 menyusul single lepas ‘Butuh Kamu’, ‘Pelukan Terhebat’ pada 2021, dan ‘Detik Yang Berlalu’ pada 2022.

Seiring perkembangannya, Fayrush yang sejak awal dikomandoi oleh Fai kini berjalan sendiri dengan konsep solois, karena beberapa personel awal vakum sementara karena pekerjaan masing-masing.

Sedangkan sampai sekarang Fayrush tetap dibantu banyak musisi Jogja lainnya ketika manggung sekaligus rekaman.

Dilihat dari sosoknya sebagai musisi, Fai juga bukan orang baru dalam dunia musik Jogja. Fai mengawali karier bermusiknya bersama grup band yang bernama Pakubumi sejak 2006 silam. (*)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved