Bacaan Doa

Rangkaian Doa yang Dapat Dipanjatkan ketika Sakit

Sakit yang dirasakan manusia merupakan bagian dari cobaan yang Allah berikan supaya manusia semakin mengingat Tuhannya. Ini dia doa ketika sakit:

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Yoseph Hary W
http://lovlist.org
Bacaan Doa ketika sakit 

TRIBUNJOGJA.COM - Allah SWT berfirman yang artinya, “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan mengujimu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami-lah kamu dikembalikan.” (QS. Al-Anbiya’:35)

Dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa Allah akan menguji hambanya dengan kesulitan dan kesenangan, kesehatan dan penyakit, kekayaan dan kefakiran, halal dan haram, ketaatan dan kemaksiatan, petunjuk dan kesesatan.”(Tafsir Ibnu Jarir)

Sakit yang dirasakan manusia merupakan bagian dari cobaan yang Allah berikan supaya manusia semakin mengingat Tuhannya.

Ketika manusia menjalaninya dengan sabar dan ikhlas, Allah akan memberikan ganti pahala kebaikan. Sebagaimana dalam sebuah hadist dikatakan bahwa Rosulullah saw bersabda tentang menakjubkannya perkara orang mukmin.

Jika dia mendapat kegembiraan, maka dia bersyukur. Dan jika dia mendapat kesusahan, maka dia bersabar. Adapun kedua hal itu merupakan kebaikan baginya.

Dalam ceramah Ustadz Danu mengatakan bahwa penyakit yang diderita seseorang biasanya terjadi pada organ tubuh yang tidak difungsikan sesuai dengan tuntunan Allah swt.

Sebagai contoh ketika mulut digunakan untuk menghujat dan mengfitnah, mata digunakan untuk melihat sesuatu yang tidak disukai Allah, dan telinga tidak digunakan untuk mendengarkan nasihat-nasihat.

Penyakit itu merupakan wujud peringatan atau musibah yang ditimpakan kepada manusia melalui organ-organ yang sering digunakan sebagai alat untuk mengeluarkan atau mengekspresikan nafsu-nafsunya.

Beberapa doa di bawah ini dapat dipanjatkan ketika sakit:

1. Doa Ketika Merasa Sakit

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved